Emil Audero, Pemain Klub Italia Kelahiran Lombok Jadi Incaran PSSI

Emil Audero Mulyadi, penjaga gawang Klub Serie A, Sampdoria, Italia. (IST IG @emilaudero)

MATARAM–Sejumlah pemain sepak bola berdarah Indonesia tengah berkarir di Eropa, di antaranya Emil Audero Mulyadi, penjaga gawang Klub Serie A, Sampdoria, Italia.

Pemain kelahiran Mataram yang masih punya keluarga di Praya, Lombok Tengah ini dikabarkan akan dinaturalisasi menjadi warga Indonesia untuk memperkuat Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tertarik dengan pemain berusia 25 tahun itu untuk dinaturalisasi.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani mengatakan, pihak PPSI sudah melakukan negosiasi dengan pihak Emil, dan mereka meminta waktu untuk memberi jawaban. “Kolega kami di Itali sudah bertemu dengan Managernya Emil Audero. Mereka minta waktu sampai minggu depan (bukan 1 hari) untuk menjawab, ikut atau tidak. Semoga aja Emil berkenan gabung Timnas,” ujar Hasani Abdulgani dalam Instagramnya, Jumat (4/3/2022) lalu.

Seperti diketahui, ayah kandung Emil Edy Mulyadi masih tinggal di Praya, Lombok Tengah. Sementara Ibu kandung Emil, Antonella Audero berdomisi di Kota Torino, Italia.

Emil yang sempat menjalani masa kecilnya di Lombok ini lahir di Rumah Bersalin Akasia Mataram, 18 Januari 1997. Ayahnya Edy pernah  bekerja di salah satu hotel di Selong Belanak lalu menikah dengan Antonella Audero tahun 1992. Buah pernikahan melahirkan Emil Audero Mulyadi.

Sebelum di Sampdoria, Emil pernah bergabung dengan Juventus Allievi (U-17). Karena penampilannya yang gemilang bersama Juventus Allievi, Emil mendapatkan penghargaan The Young Italy Talents of The Future 2012. Dengan berbagai prestasinya itu, Emil sendiri disebut-sebut tengah mengincar posisi di Timnas Italia. (RL)