Dua Siswa SMKN 7 Mataram Ikuti LKS di Sumbawa

HONDA SMK 7
BENGKEL : Kepala Bengkel SMKN 7 Mataram Ahmad Saprin bersama siswa peserta LKS Tingkat Provinsi NTB tahun 2022.

MATARAM – SMKN 7 Mataram mengirim 2 siswa jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) untuk mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi di Kabupaten Sumbawa. Sebelum mengikuti LKS, 2 siswa kelas XI diberikan waktu belajar tambahan dan intens dalam pembelajara teknik sepeda motor.

Kepala Bengkel SMKN 7 Mataram Ahmad Saprin mengatakan dua siswa yang mengikuti LKS Tingkat Provinsi NTB difokuskan benar-benar terlatih dan mencari bibit dari kelas X dan kelas XI.

“Jadi anak anak yang lomba, dilatih dan diberikan waktu belajar tambahan. Kita lebih intens dalam pembelajaran TBSM,” katanya.

Saprin menjelaskan, dua siswa SMKN 7 Mataram peserta LKS diberikan tugas memperbaiki sepeda motor yang sudah lama tidak bisa hidup, karena sering dipakai praktik bongkar pasang.  Siswa melakukan pengecekan kenapa tidak bisa hidup, setelah dibuka ternyata klepnya bengkok.

BACA JUGA :  Poles Motor Honda Lawas, Servis di AHASS Banyak Promo

Kalau tidak bisa hidup tanggung jawab dari siswa. Intinya mereka harus bisa menghidupkan, dan diberikan bimbingan agar mereka temukan sendiri permasalahannya. Mereka bisa tahu cara memperbaiki, nanti kalau ada kendala mereka bisa tanya ke guru pembimbingnya, salah satu bentuk memberikan siswa pengalaman, mereka sempat membongkar sepeda motor. Sudah mengeluarkan semua mesinnya, sekarang tinggal proses pemasangan, kita batasi waktunya dari jam 8 sampai paling telat jam 11.

Saat lomba LKS di SMKN 2 Sumbawa Kabupaten Sumbawa yang dilombakan sesuai jurusan mereka. Diantaranya ada Otomotif, Elektronik, Tata Busana dan banyak lagi, tapi SMKN 7 Mataram fokus di TSM. LKS digelar tanggal 21 – 22 Juni 2022.

BACA JUGA :  Honda NTB Bangun Tugu Community di Bukit Mekaki Sekotong

Terkait prestasi yang pernah diraih oleh SMKN 7 Mataram, Saprin menuturkan SMKN 7 Mataram pernah meraih Juara 3 LKS yangg diadakan oleh Main Dealer Astra Motor pada tahun 2017 dan juara 2 LKS tingkat Provinsi tahun 2018 diadakan juga oleh Main Dealer Astra Motor.

Terpisah, Corcomm Astra Motor NTB, Made Deasy Natalia mengatakan AHM bersama Astra Motor NTB konsisten mengadakan lomba yang menggandeng partisipan dari SMK di regional dan akan dilombakan hingga tingkat Nasional.

“Tahun ini kembali kompetisi AHM Best Student yang akan menyaring siswa-siswi berprestasi memiliki gagasan, serta inovasi kreatif,” tutu Deasy. (luk)