Diajeng Aulya Sekartaji Gadis Berprestasi Asal Mataram, Juara Satu Best Evening Gown Puteri Indonesia 2023

Diajeng Aulya Sekartaji (IST/RADAR LOMBOK)

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan gadis asal Kota Mataram, Provinsi NTB. Adalah Diajeng Aulya Sekartaji, ketika mengikuti ajang pemilihan Puteri Indonesia 2023 di Jakarta, 19 Mei 2023 lalu, berhasil meraih tiga predikat sekaligus. Apa saja?

DARA cantik kelahiran Kota Mataram, 9 Maret 1999 ini, ketika mengikuti ajang pemilihan Puteri Indonesia 2023, berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. Bahkan meraih tiga predikat sekaligus, yakni predikat sebagai Puteri Indonesia Intelegensia 2023, Juara 1 Best Evening Gown, dan Top 15 puteri 2023.

Ambil bagian dalam kontes kecantikan bergengsi itu. Diajeng meraih juara 1 Best Evening Gown, mengalahkan 45 Finalis dari seluruh Indonesia dengan gaun malam yang menggakat tema “Gaun Dewi Anjani ” yang menonjolkan nuansa khas NTB. “Saya bawa baju tema Dewi anjani alhamdulillah menang juara satu,” ungkap Diajeng, saat ditemui di Mataram, kemarin.

Bukan tanpa alasan mengapa tema baju Dewi Rinjani dipamerkan dalam ajang Puteri Indonesia 2023. Dengan latar belakang Diajeng, Puteri Indonesia NTB 2023 sebagai lulusan sarjana kehutanan, Universitas Mataram, dan juga pernah mendaki Gunung Rinjani.

Bahkan ketika bermain teater, juga memerankan tokoh Dewi Anjani, sehingga ini yang menjadi alasan utama diambilnya tema itu untuk baju yang dikenakan, hingga akhirnya berhasil menyabet juara terbaik pertama. “Saya orang kehutanan (sarjana). Justru karena itu saya sering ke pedaleman, naik gunung, dari situ advokasinya berjalan,” ujarnya.

Baca Juga :  Semangat Warga RT 07 Bumi Kodya Asri Menjaga Kamtibmas, 5 Tahun Lebih Konsisten Laksanakan Ronda

Diajeng memberikan penjelasan mendetail tentang kostum yang dibuat khusus untuk perhelatan ajang kecantikan Puteri Indonesia 2023. Dijelaskan Diajeng, legenda Dewi Anjani, dan kemegahan Gunung Rinjani menjadi inspirasi gaun ini. Pemilihan berbagai elemen untuk kostum ini pun dipenuhi oleh makna filosofis yang mendalam.

Adapun gaun anggun ini menggabungkan 3 elemen warna yakni kuning, hijau, dan silver. Kuning sebagai simbol kemakmuran, sesuai dengan Dewi Anjani yang juga dipercaya sebagai dewi kemakmuran. Warna hijau yang mewakili keindahan alam Gunung Rinjani dengan hutan lebat dan padang savananya. Serta silver, sebagai simbol air. Dimana di gunung ini terdapat danau segara anak dan juga pemandian air panas yang dipercaya mempunyai berbagai khasiat.

Tidak hanya sekadar terlihat mewah, namun gaun ini bertahtakan lebih dari 10.000 butir kristal, yang dikombinasikan dengan belasan ribu butir mutiara, sequin dengan berbagai bentuk dan ukuran dan lainnya. Sebagai simbol kemegahan, kemewahan dan kewibawaan tahta seorang ratu.

Dan dibalik keindahannya, Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok NTB, menyimpan mitos dan legenda yang dipercaya masyarakat. Yaitu Dewi Anjani, sosok mitologi seorang putri cantik yang diyakini sebagian kalangan sebagai penguasa Gunung Rinjani, yang bersemayam di puncak Gunung Rinjani. Konon, istana sang ratu berada di kaldera lautan debu yang dinamakan Segara Muncar.

“Jadi saya membawa ini ke nasional. Alhamdulillah banget, senang juga bisa mempromosikan sekaligus mengenalkan ke ranah yang lebih luas,” kata Diajeng.

Baca Juga :  BAGUS RASE, PERINTIS USAHA JAJANAN KHAS KELAYU LOTIM YANG MELEGENDA

Sementara Ketua Yayasan puteri Indonesia NTB, drg. Farida Istiarini, Sp.Ort mengatakan raihan juara terbaik 1 mengalahkan 45 finalis dari seluruh Indonesia dengan gaun malam yang mengangkat tema Gaun Dewi Anjani menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi NTB dalam ajang pemilihan puteri Indonesia 2023.

Diharapkan prestasi yang diraih Diajeng dalam ajang Puteri Indonesia 2023 dapat menjadi impact yang positif dan menggembirakan serta dapat memajukan industri Wastra di NTB. “Setidaknya bisa mempromosikan produk-produk NTB dikancah Nasional. Bahkan Diajang juga dikenal di kancah Internasional,” ucapnya.

Dalam waktu dekat ini, Yayasan Puteri NTB akan segera menggelar Road to Pemilihan Puteri Indonesia NTB 2024. Untuk itu diharapkan kepada seluruh puteri-puteri terbaik di Provinsi NTB, agar dapat mengikuti audisi tersebut. Untuk formasi tahun 2024.

Nantinya Yayasan Puteri Indonesia akan memilih 10 orang Puteri terbaik yang nantinya akan berkompetisi di malam grand final,serta akan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat di ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2024 Pada awal bulan Maret tahun 2024 Nanti.

“Alangkah lebih baik jika puteri-puteri terbaik NTB mempersiapkan diri mengikuti ajang Pemilihan Puteri Indonesia NTB dari sekarang. Karena untuk ikut Puteri Indonesia persiapannya harus banyak dan jauh-jauh hari,” ujarnya. (BUDI RATNASARI – MATARAM)

Komentar Anda