Belajar Safety Riding dengan Menyenangkan Ala Yayasan AHM

AHM Safety Riding
Belajar safety riding dengan cara menyenang menggunakan simulasi ala Astra Honda Motor.

JAKARTA– Kampanye keselamatan berkendara membutuhan cara yang kreatif dan menarik bagi generasi muda. Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mengemas penyampaian pesan safety riding ini melalui Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda. Program yang dikemas unik ini menghadirkan kesenangan dalam belajar keselamatan berkendara sekaligus menambah pengetahuan dan kemampuan berkendara sepeda motor.

Pada peluncuran perdananya di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (19/10), Yayasan AHM mengajak sejumlah perwakilan media menjadi bagian dari pengenalan Wisata Edukasi Satu Hati dengan pendekatan pembelajaran Kelompok Belajar Paket Satu Hati. Edukasi ini dikemas secara unik dan menarik melalui serangkaian program layaknya pelajar sekolah yang dievaluasi melalui rapor hasil uji pemahaman keselamatan berkendara. Seluruh materi pembelajaran langsung diberikan oleh Duta Safety Riding sekolah yang telah dilatih oleh AHM.

Para peserta akan mendapatkan tantangan uji pengetahuan etika berlalu lintas, menaklukkan berbagai kondisi jalan dengan aman melalui simulator berkendara Honda Riding Trainer (HRT), hingga unjuk kemampuan berkendara melalui berbagai rintangan. Pada akhir sesi, peserta akan mendapat hasil evaluasi pemahaman keselamatan berkendara sebagai panduan mereka dalam meningkatkan kompetensi lebih lanjut.

Safety Riding Lab Astra Honda memiliki 3 zona, yaitu zona audio-visual, zona simulasi, dan zona praktik. Pembelajaran ilmu etika berlalu lintas di zona Audio-visual. Dalam zona ini, peserta berdiskusi tentang berbagai pengetahuan keselamatan berkendara dengan memanfaatkan video pendek safety riding sebagai simulasi beberapa kondisi berkendara di jalan raya, sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi siswa-siswi untuk menganalisa dan mendiskusikan potensi masalah dalam berlalu lintas.

Baca Juga :  Honda NTB Edukasi Cari Aman Berkendara Siswa SMAN 1 Tanjung

Kegiatan berlanjut ke Zona Simulasi dengan menggunakan Honda Riding Trainer. Para peserta berkesempatan mencoba simulasi berkendara dengan berbagai jenis sepeda motor dalam beragam kondisi jalan. Setelah menguasai teori dan melakukan simulasi, para peserta diajak berkendara menggunakan sepeda motor di Zona Praktik yang dilengkapi berbagai rintangan kondisi jalan dan rambu lalu lintas. Di zona ini, peserta menjalankan berbagai tantangan berkendara seperti menikung dengan membentuk angka 8, tantangan berkendara di tengah rintangan pada sisi kanan kiri jalan, dan juga tantangan menjaga keseimbangan di atas jalur khusus dengan waktu yang ditentukan.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin berharap kesadaran keselamatan berkendara dapat terus digaungkan pada masyarakat melalui beragam cara yang menyenangkan dan saluran yang efektif. Pendekatan edukasi digulirkan sesuai metode yang paling menarik bagi setiap elemen masyarakat. Salah satunya pendekatan educational entertainment yang dilakukan dalam mengedukasi keselamatan berkendara bagi anak muda.
“Kami ingin dapat terus mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara sebagai bentuk kepedulian pada sesama. Harapan kami, edukasi yang dikemas secara menyenangkan dalam Wisata Edukasi Satu Hati ini dapat diserap dengan baik untuk dipratikkan di kehidupannya sehari-hari” ujar Muhib.

Baca Juga :  AHM Rilis Instruktur Terbaik Keselamatan Berkendara

Safety Riding Lab Astra Honda merupakan bentuk program berkelanjutan kampanye keselamatan berkendara yang digulirkan Yayasan AHM. Kampanye diinisiasi sejak tahun 2012 melalui program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di berbagai sekolah yang melahirkan siswa-siswi duta keselamatan berkendara. Program dilanjutkan dengan Safety Riding Camp pada tahun 2016 yang melatih para duta keselamatan berkendara terkait kemampuan blogging dan fotografi sebagai media untuk berkampanye.

Pada tahun 2020, Yayasan AHM juga telah membangun Taman Lalu Lintas Anak (TTLA) di desa Kalihurip, Jawa Barat sebagai fasilitas untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara sejak usia dini. Materi edukasinya disiapkan untuk anak dengan usia rentang 4 – 9 tahun dengan materi pengenalan rambu dan lampu lalu lintas, penggunaan riding gear dengan tepat dan manfaatnya, praktik bersepeda di lintasan atau course dengan memperhatikan rambu dan menyeberang dengan aman. Yayasan AHM juga mengembangkan Zona Etika Berlalu Lintas sebagai salah satu wahana bermain anak di Taman Pintar, Yogyakarta. (luk)

Komentar Anda