Banjir Dompu: 973 KK Terdampak, 36 Rumah Hanyut, 9 Rumah Rusak Berat

Ganasnya banjir di Dompu, selain merendam permukiman juga menghanyutkan sejumlah infrastruktur dan ternak. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu dan BPBD NTB bersama stakeholder terkait bergerak cepat melakukan penanganan banjir hebat di Dompu, yang terjadi Minggu (28/2/2021) pagi itu.

Berdasarkan catatan BPBD di lapangan, banjir merendam 4 desa di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu. Penyebab banjir diketahui karena tingginya curah hujan dan sedimentasi di area aliran sungai sehingga mengakibatkan luapan air sungai dan menyebabkan banjir.

Berikut secara rinci warga terdampak kejadian banjir:
Desa Daha
— Dusun Daha Barat 105 KK
— Dusun Sori Rewa 85 KK
— Dusun Asi Keke 50 KK
— Dusun Daha Timur 40 KK
— Dusun Tolo Ndaja 80 KK
— Dusun Tolo Rodi 63 KK
— Dusun Fo, o Kompo 20 KK

Desa Marada (+-57 KK)
— Dusun Tengah 5 rumah rusak berat
— Dusun Lapangan 2 rumah rumah hanyut
— Dusun Ompu To’i 4 rumah rusak berat

Desa Rasa Bou
— Dusun Wadu Nae 12 KK
— Dusun Lanta 6 KK
— Dusun Ruhu Ruma 5 KK

Desa Cempi Jaya
— Dusun Doro Toi 60 KK
— Dusun Konca 20 KK
— Dusun Teta 150 KK
— Dusun Langgudi 120 KK
— Dusun Sigi 100 KK

Total KK terdampak 973 KK
rumah hanyut 36 unit, 9 unit rumah rusak berat

Untuk fasilitas umum: 1 masjid mengalami kerusakan di pintu masjid, saluran irigasi rusak berat sepanjang 550 m, lahan pertanian 52 ha terendam banjir.

Penanganan awal telah dilakukan oleh BPBD Dompu untuk mendata dampak kejadian dan warga terdampak.

Sementara BPBD NTB telah menyiapkan logistik bantuan yang akan dikirimkan untuk warga terdampak banjir. Di antaranya selimut, terpal, family kit, kids ware, dan tenda untuk menjadi tempat pengungsian sementara bagi warga terdampak banjir yang kehilangan rumah.

Kepala Pelaksana BPBD NTB Ir. Zainal Abidin, M.Sc mengatakan, Tim BPBD sudah berada di Dompu dan rencananya hari ini (1/3/2021) Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah akan ke Dompu. “Pak Gub akan ke Dompu hari ini, Tim BPBD NTB sudah di lokasi,” jelasnya. (*/RL)