Arifin Panigoro Berikan Kuliah Umum di NW Pancor

KULIAH UMUM: Pengusaha nasional yang juga pendiri Medco Group Arifin Panigoro saat memberikan kuliah ummum ke ribuan santri Ponpes Darunnahdlatain NW Pancor kemarin (Gazali/Radar Lombok)

SELONG– Pengusaha Indonesia yang juga pemilik “ Medco Group” Arifin Panigoro  memberikan kuliah umum di Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnahdlatain NW Pancor Senin  kemarin(5/9).

Kuliah umum dengan mengusung tema ‘’ Bisnis dan Kehidupan”  dihadiri ribuan santri dari berbagai jenjang pendidikan. Hadir juga Gubenur NTB yang juga Ketua Dewan Tahfidziyah PBNW  TGH Muhammad Zainul Majdi, Pembina  YPH PPD NW Pancor Hj Siti Rauhun , Ketua STKIP Hamzanwadi Selong, Dr Hj Siti Rohmi Djalilah  dan para tuan guru.

Gubenur  TGH Zainul Majdi mengatakan, kehadiran pengusaha Arifin Panigoro di Ponpes NW Pancor sebagai ajang silaturahmi. Namun lebih dari itu, kesempatan ini juga akan diamfaatkan untuk menyampaikan dan berbagi berbagai hal sebagai bekal hidup kedepan para santri. ‘’ Tidak cukup ponpes ini membekali diri dengan SDM yang ada pada dirinya saja,” kata TGB sapaan akrabnya.

Sosok Arifin Panigoro lanjutnya merupakan pengusaha hebat nasional yang dikenal begitu banyak orang. Bahkan saat ini dia telah mengambil alih PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Kahadiran Arifin dengan berbagai pengalaman hingga menjadi pengusaha sukses nantinya bisa dijadikan inspirasi oleh para santri. 

‘’Dengan kehadiran Pak Arifin kami harapkan anak-anak kami mendapatkan wawasan,” harapanya.

Dikatakan, ponpes merupakan  sub sistem  yang mencukupkan dirinya dengan sumber daya yang ada di dalam ponpes itu sendiri. Namun itu dianggap masih belum cukup dalam menghadapi perubahan di masa mendatang. ‘’ Diperlukan intraksi dengan orang luar,” ungkapnya.

Dengan kehadiran dan kiprah Arifin di NTB  lanjutnya, nantinya bisa membangun ekonomi NTB yang lebih baik kedepannnya.‘’ Dengan itu kesejahteran bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Arifin Panigoro dalam kuliah umumnya mengatakan, jika ingin menjadi wirausahawan yang sukses dan berhasil itu semua bisa didapatkan dengan  bekerja keras, sungguh-sungguh, jujur dan tekun. Meski  semua orang mengetahui hal itu , tapi yang terpenting  bagaimana pelaksanaannya.  ‘’ Kita harus bisa memaknai itu semua. Itu lah yang saya lakukan sejak saya masih kecil sampai sekarang. Kita harus sungguh-sungguh dan  berani berkreativitas,”ungkapnya.

Secara pribadi ia berpesan agar para pelajar  fokus menuntaskan pendidikannya dulu. Jika diberikan uang, sebaiknya ditabung dan jangan dihabiskan untuk berfoya-foya. Dan itu katanya sebagai awal untuk belajar  menjadi orang yang sukses. '' Itu salah satu cara untuk belajar bisnis,” ujarnya.

Di kesempatan itu ia juga menyanjung TGH Zainul Majdi dalam memimpin NTB ini. Sejak dipercaya menjadi gubenur selama dua priode, telah banyak kemajuan dan perubahan yang diberikan untuk daerah ini. Baik itu kemajuan dari perekonomian , pembangunan termasuk parawisata. ‘’ Meski gubernur sebagai tuan guru, tapi mampu membawa NTB maju dalam berbagai bidang. Semua potensi yang ada di NTB mampu dibangun,” pungkasnya. (lie)