413 Pegawai Setda NTB Di-swab Antigen, Satu Pegawai Biro Kesra Positif Covid-19

SWAB: Salah satu pegawai Setda NTB saat swab antigen. (FAISAL HARIS/RADARLOMBOK)

MATARAM–Guna mengantisipasi penularan covid-19 di perkantoran, ratusan pegawai Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi NTB menjalani pemeriksaan swab antigen di Kantor Gubernur NTB, Selasa (2/2/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Gita Ariadi yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, menyebutkan, total 413 pegawai di-swab antigen. “Alhamdulillah dari sekian banyak yang di-swab ternyata hanya satu yang ditemukan positif,” ungkapnya.

Kegiatan swab antigen yang dilakukan tersebut, sebagai salah satu upaya memperbanyak tracing atau penelusuran penderita covid-19, khususnya di lingkungan perkantoran lingkup Pemerintah Provinsi NTB. “Karena lebih cepat kita mengetahui maka lebih cepat kita melakukan treatment sehingga angka kasus yang semakin mengkhawatirkan dapat kita tekan, begitu juga terhadap kasus kematian dapat kita minimalisir,” imbuhnya.

Dengan kondisi sekarang ini kata Gita, maka pihaknya bersama satgas provinsi akan lebih memasifkan berbagai upaya untuk menekan tambahan kasus yang setiap hari terjadi.

Sementara itu, Kepala Dikes Provinsi NTB dr Hamzi Fikri mengatakan, terhadap satu orang yang ditemukan positif covid-19 ini sudah langsung diminta isolasi mandiri karena statusnya orang tanpa gejala (OTG). “Satu orang yang kita temukan itu dari dari Biro Kesra dan langsung kita minta untuk work from home, isolasi mandiri di rumah, karena statusnya OTG. Tapi nanti kita juga akan periksa PCR,” tambahnya.

Hamzi juga menyebutkan, bahwa kegiatan swab antigen yang menyasar para pegawai ini sesuai data yang diberikan. Kegiatan ini masih akan dilakukan sesuai data yang ada dan tidak menutup kemungkinan swab antigen serupa akan dilakukan ke lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD), apalagi ketika ada ditemukan kasus positif. (sal)