02SN Lotim Resmi Dibuka

PEMBUKAAN O2SN: Ratusan Kontingen terlihat mengikuti upacara pembukaan O2SN Kabupaten Lotim di Lapangan Porda Selong, yang dibuka Bupati Lotim, Ali BD, Senin (3/4) (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim) resmi dibuka, Senin (3/4). Pembukaan yang berlangsung di Lapangan Porda Selong itu dihadiri langsung oleh Bupati Lotim, Ali BD, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lotim, M. Zaini.

Acara pembukaan itu, turut hadir adalah ratusan kontingen dari sejumlah jenjang satuan pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD), SMP, dan SMA, baik itu negeri ataupun swasta dari 20 kecamatan di Lotim.

Bupati Lotim, Ali BD dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan andil untuk pembangunan di Lotim. Selaku kepala daerah, dia   menginginkan agar semua  dinas yang ada di Lotim bisa maju. Namun karena keterbatasan keuangan, ini yang saat ini masih menjadi kendala.

[postingan number=3 tag=”o2sn”]

Tapi khusus untuk Dispora, sebagai OPD yang baru terbentuk, diharapkan bisa memberikan gambaran untuk kemajuan dan kesejahteraan di semua wilayah yang ada di Lotim, tanpa terkecuali. “Ini untuk kemajuan dan kesejahteraan. Baik itu kesejahteraan lahir dan batin. Karena itu, pembangunan di Lotim itu bersifat simultan,” katanya.

Dikatakan, semua hal harus dibangun. Termasuk pembangunan bidang olahraga. Namun yang masih menjadi persoalan tak lain masalah anggaran. Tapi bagi atlet olahraga Lotim yang memiliki prestasi, baik itu ditingkat provinsi maupun nasional, seperti tahun sebelumnya mereka tetap diberikan penghargaan. “Mereka yang berprestasi ditingkat nasional seperti tahun-tahun lalu, mereka diberikan hadiah oleh Pemkab Lotim, minimal Rp 20 juta per orang,” tandasnya.

Sementara Kepala Dispora Lotim, M. Zaini mengatakan, pembukaan O2SN ini dihadiri oleh sekitar 600 kontingen, dari 200 atlet di setiap kecamatan. Para atlet yang akan mengikuti ajang ini, mereka terlebih dahulu telah menjalani seleksi ditingkat kecamatan. “Masing-masing kecamatan mengirim Cabor-nya untuk berlaga di kabupaten,” kata Zaini.

Pelaksanaan O2SN ini akan mempertandingkan delapan Cabor. Kedelapan Cabor tersebut diantaranya atletik, renang, silat, karate, voli, catur, dan bulu tangkis. Melaui Cabor ini diharapkan olahraga Lotim bisa mengirimkan atletnya untuk berlaga ke tingkat lebih tinggi. Baik itu tingkat provinsi, terutama tingkat nasional. “Untuk provinsi, kita targetkan bisa juara umum. Dan kita bisa mengirimkan atlet kita ke tingkat nasional,” lanjut dia.

Untuk tingkat nasional lanjutnya, Lotim memiliki track record yang baik dalam Cabor silat dan renang . Cabor ini andalan Lotim di tingkat nasional, karena sebelumnya sejumlah atlet Lotim telah berhasil mengukir prestasi dalam Cabor tersebut. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid