Wisata Hiu Paus Diteluk Saleh Perlu Ditata

WISATA HIU PAUS: Teluk Saleh di Kabupaten Sumbawa kini banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat hiu paus dari dekat yang banyak muncul di perairan ini. (Istimewa)

SUMBAWA – Teluk Saleh di Kabupaten Sumbawa menyimpan potensi wisata yang sangat besar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB H Yusron Hadi mengatakan keindahan pantai – pantai di NTB memang tidak ada duanya, apalagi di Teluk Saleh. Menurutnya, potensi di Teluk Saleh mulai dari bawah laut hingga permukaan laut sangatlah besar termasuk untuk sektor pariwisata. “Terlebih lagi di Teluk Saleh terdapat hiu paus yang sangat menarik wisatawan lokal hingga mancanegara untuk berkunjung sehingga perlunya dibuat tata kelola yang baik agar hiu paus ini terjaga kelestariannya,” ujarnya.

Menurutnya, tata kelola hiu paus di Teluk Saleh harus berbasis keberlanjutan. Selain itu perlunya dilakukan upaya-upaya konservasi serta sosialisasi kepada masyarakat pesisir agar ikut menjaga kelestarian hiu paus ini.

Lebih lanjut, Yusron menyampaikan bahwa pariwisata di Teluk Saleh harus berjalan beriringan dengan konservasi sehingga keberlanjutan hiu paus ini tetap terjaga. Dan pengelolaan wisata hiu paus di Teluk Saleh harus berbasis masyarakat.
“Agar terwujudnya tata kelola yang baik, perlu juga dilakukan studi, kolaborasi, integrasi, inovasi, dan adaptasi dari seluruh stakeholder, serta tidak kalah pentingnya penyadartahuan kepada masyarakat agar tidak melakukan eksploitasi atau tindakan-tindakan yang menyebabkan hiu paus ini terancam,” tandasnya.(wan)