Truk Pengangkut Kelapa Gagal Nanjak di Pusuk, Mesin Mati Lalu Banting Setir

Gagal nanjak, truk terguling di jalur Pusuk Lombok Utara-Lombok Barat. (IST/POLRES LOMBO UTARA)

TANJUNG–Kecelakaan tunggal dialami oleh sebuah Truk Fuso di jalan raya Pusuk menuju Pemenang tepatnya di Dusun Bentek, Desa Menggala, Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Diduga kuat truk mengalami rem blong.

Truk yang terguling Kamis malam (26/8/2021) sekitar Pukul 19.30 WITA itu pun menjadi tontonan pada Jumat (27/8/2021). Belum ada informasi terbaru apakah badan truk sudah dievakuasi atau tidak pada Sabtu (28/8/2021). Jadi pengendara dimohon berhati-hati.

Adapun identitas pengendara roda 6 mobil penumpang Mitsubishi Truck Fuso berpelat B 9167 GI itu yakni Idris (36 tahun) asal Ampenan, Mataram. Kapolsek Pemenang AKP Evy Febriani langsung mengecek dan memberikan laporan kepada unit Lakalantas Polres Lombok Utara untuk ditindaklanjuti.

Diungkapkan, saat kejadian, cuaca cerah dan jalan kering.
Kendaraan bermuatan kelapa itu datang dari arah Pemenang menuju Mataram. Setelah kurang lebih 100 meter melewati simpang 3 Bentek, jalan posisi menanjak.
Menurut keterangan sopir tersebut, truk mengalami rem blong setelah mesin kendaraan mati sehingga tidak dapat mengendalikan kendaraan.

Karena panik pengendara banting setir menabrak pembatas jalan dan mobil terguling, yang menyebabkan terjadinya laka lantas tunggal. Pengendara sehat dan tidak mengalami apa-apa. Kerugian diperkirakan kurang lebih sebesar Rp 25.000.000

Sementara itu Kapolres Lombok Utara AKBP Feri Jaya Satriansyah, S.H. yang ditemui di ruang kerjanya membenarkan adanya peristiwa tersebut dan menyampaikan imbauan kepada seluruh pengguna jalan, baik jalur yang melewati Pusuk maupun jalur yang melewati Senggigi untuk selalu berhati-hati karena pada jalur tersebut rawan laka lantas.

Kapolres mengingatakan untuk selalu memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan dan mengukur kemampuan kendaraan dalam membawa muatan, hal ini untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya laka lantas. (flo)