Tower Provider di Karang Kaum Resahkan Warga

Tower Provider di Karang Kaum Resahkan Warga
MERESAHKAN: Tower yang berada di tengah permukiman warga Dusun Karang Kaum, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang meresahkan warga setempat. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Warga Dusun Karang Kaum, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang resah dengan keberadaan tower milik salah satu provider yang bediri tegak di permukiman setempat. Khawatirnya, saat terjadi cuaca ekstrem, keberadaan tower membahayakan warga sekitar. “Kita khawatir dengan radiasi dan dengan ketinggian tower. Sekarang ini musim cuaca buruk berupa angin kencang dan hujan. Apalagi keberadaan tower berada di tengah-tengah permukiman warga,” ungkap Ketua RT Dusun Karang Kaum, Hj. Purnawati, Selasa (18/12).

Menurutnya, dari awal berdiri, warga dikumpulkan untuk meminta persetujuan. Namun, karena ketidaktahuan serta pemahaman yang kurang, warga akhirnya menyetujui. “Kalau tidak salah, kontraknya sudah berakhir juga. Namun, tidak ada pemberitahuan kepada warga. Koordinasinya hanya dengan pemilik lahan, sedangkan kami tidak pernah mengetahuinya. Kalau bisa tower itu dipindahkan saja karena menurut kami berbahaya,” harapnya.

Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kepala Dusun, mengumpulkan warga untuk melayangkan surat permohonan pemindahan tower itu. “Kami akan bersurat ke Desa, Camat kemudian ke Pemda dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Lombok Utara,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kominfo KLU, Kawit Sasmita mengaku belum mendapat laporan terkait keluhan warga setempat. Kalaupun ada yang mengeluhkan, tentu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak perusahan provider. “Yang jelas kita akan berkoordinasi dulu dengan pemilik tower,” katanya.

Untuk bahaya radiasi lanjut Kawit, belum terdengar ada yang mengeluhkan dan tidak ada pengaruhnya. Karena pihak provider tentu menjaganya. “Kalau memang ada warga yang mengeluhkan tentu kita akan tindak lanjuti keluhan maupun kekhawatiran warga,” tegasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut