Survei AA Foundation, MUDA Lebih Unggul

Survei Dilakukan di 325 Lingkungan

SURVEI: Hasil survei yang dikeluarkan lembaga survei AA Foundation dan MIM Kota Mataram, Bapaslon HL Makmur Said-H Badrrutama, lebih unggul dari calon lain. (SUDIR/RADAR LOMBOK)
SURVEI: Hasil survei yang dikeluarkan lembaga survei AA Foundation dan MIM Kota Mataram, Bapaslon HL Makmur Said-H Badrrutama, lebih unggul dari calon lain. (SUDIR/RADAR LOMBOK)

MATARAM —Perang survei diantara bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilkada Kota Mataram, mulai mewarnai dinamika perpolitikan di Kota Mataram. Seperti survei yang dilaksanakan oleh Lembaga Survei AA Foundation dan MIM Kota Mataram, dibawah bimbingan para akademisi di Kota Mataram.

Bahkan hasil surveinya juga telah keluar, dimana Bapaslon HL Makmur Said-H Badrrutama Ahda (MUDA), dinyatakan lebih unggul dibandingkan Bapaslon H Mohan Roliskana dan Hj Putu Selly Andayani. “Survei kami lakukan pada tanggal 10-17 Agustus. Pasangan MUDA (Makmur-Ahda) lebih dominan dipilih,” kata Jummawal, Koordinator AA Foundation dan MIM Kota Mataram, kepada Radar Lombok, Rabu kemarin (27/8).

Menurutnya, survei dilakukan secara tepat sasaran, menyentuh semua elemen di 225 Lingkungan di Kota Mataram. Survei juga dilaksanakan secara tatap muka, atau bertemu langsung dengan masyarakat melalui beberapa kuisoner yang disebarkan. “Kita turun ke masyarakat secara langsung. Jadi hasilnya bisa dikaji secara akademis,” tegasnya.

Dari hasil survei yang dilakukan, Makmur-Ahda unggul dengan perolehan 31,13 persen, H Mohan Roliskana-TGH Mujiburahman 29,23 persen, Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan 21,73 persen, dan Baihaqi-Hj Baiq Diah Ratu Ganefi 9,45 persen.

Survei dilakukan dengan cara acak di 225 Lingkungan, melibatkan 1.389 responden. Meliputi buruh 244, Toga/Toma 73, Ojek 34, pedangang 297, petani 10, PNS 46, swasta 189, honorer 21, mahasiswa/pelajar 114, IRT 215, Kaling 42, Ketua RT 27, dan profesi lain 77 orang.

Sementara itu, Ketua Tim Koalisi Merah Putih, I Gde Sudiartha mengatakan, sejak awal hasil survei yang dibangun di internal partai juga hasilnya cukup memuaskan. “Lebih condong terus naik. Karena pasangan MUDA ini sudah lama dinanti masyarakat, dan dianggap ideal,” sebutnya seraya menyatakan, semua kader partai koalisi baik PKPI, PKB, dan Gerindra juga terus bergerak untuk memenangkan pasangan MUDA.

Dengan gerakan bersama, serta membangun kepercayaan masyarakat di Kota Mataram, lanjutnya, partai koalisi sangat yakin jagoannya bisa memenangkan pertandingan Pilwali 9 Desember mendatang. “Sekarang ini kita terus membangun kekuatan secara bersama-sama,” tegas Sudiartha.

“Pak Makmur juga terus turun ke tengah masyarakat, demikian Ahda. Mereka berdua terus blusukan menyerap aspirasi masyarakat yang sudah lama menantikan,” pungkasnya. (dir)