STP Mataram Siapkan Lulusan Siap Kerja

STP Mataram Siapkan Lulusan Siap Kerja
WISUDA : Ketua STP Mataram, Dr Halus Mandala memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sekolah Tinggi Priwisata (STP) Mataram kembali mewisuda 256 lulusan untuk program Diploma III Perhotel dan D III Perjalanan Wisata. Wisuda STP ke XXI ini dihadiri oleh Kepala LLDikti Wilayah VIII Denpasar, Prof I Nengah Dasi Astawa, Kamis kemarin (19/9).

Ketua STP Mataram, Dr Halus Mandala mengatakan, sejak berdiri 1996 hingga pelaksanaan wisuda  ke-21, STP Mataram telah meluluskan sebanyak 2.625 orang. Terdiri dari, program  1 tahun sebanyak 894  orang dan program D-III sebanyak 1.731 orang.

“Lulusan STP Mataram sejak berdirin sampai saat ini sudah melulusan ribuan orang dan yag bekerja sekitar 68,35 persen dari total lulusan. Ini suatu kebanggan,” kata Halus Mandala.

Menurut Halys Mandala, kemajuan STP Mataram ini pada wisuda saat ini. Dimana terjadi peningkatan rata-rata  IPK 3,46 tahun lalu, menjadi 3,51 tahun ini.  IPK tertinggi tahun lalu, 3, 93, sekarang 4,0 . Kedua, sebagian dari peserta wisudawan telah diterima bekerja di beberapa hotel dan biro perjalanan wisata,  sebelum diwisuda sebesar 68,35 persen bekerja.  Ketiga, semua lulusan tahun ini telah memiliki sertifikat kompetensi hasil uji kompetensi LSP-1, yang telah memperoleh lisensi mulai tahun 2018.

Dikatakannya, sebagai realisasi Renstra STP Mataram dalam bidang peningkatan SDM, STP Mataram telah memiliki, dosen bergelar doktor 4 orang dan masih mengirim 8 orang program doktor biaya Yayasan. Selanjutnya, pada Februari-Maret 2019, telah mendatangkan Senior Expert dari Belanda dengan program alih teknologi bidang marketing digital bekerja sama dengan PUM Netherlands.  Selanjutnya awal Agustus 2019 mengirim mahasiswa S-1 mengikuti internship program di Jepang selama 11 bulan, kerja sama dengan PT MS Humanika dan JACCES Jepang. Kemudian  On the job training di Malaysia selama 3 bulandan Thailand, China on progres kerja sama dengan PT Interisland Bali.

Berbagai prestasi juga diraih mahasiswa STP Mataram, yakni pada tahun akademik 2018/2019 mahasiswa STP Mataram berhasil memproleh hibah PKM bidang penelitian dan PKOM. Pemenang lomba tingkat Nasional dan ASEAN, Juara I dan III Lomba Green Restaurant and Culinary Event 2018, Juara I Lomba Masak Ikan Nusantara di Istana Presiden 2018, Juara II Kompetisi Pariwisata Indonesia 9 di Bandung,  Juara II ASEAN di Denpasar.

“Para wisudawan tahun ini telah berhasil menciptakan 10 wirausaha muda mandiri dengan menyerap sekitar 79 pekerja. Ini adalah suatu keberhasilan yang nyata dirasakan baik lembaga maupun mahasiswa STP Mataram,” ujarnya. (adi)