Spesialis Maling Motor Tertangkap di Pegunungan Tereng Tebus

DIRINGKUS: Spesialis curanmor diringkus Satreskrim Polres Lombok Utara karena tak kapok-kapok mencuri motor. (IST FOR RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Sat Reskrim Polres Lombok Utara berhasil menangkap residivis curanmor di wilayah pegunungan Dusun Tereng Tebus, Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Selasa (15/6). Pelaku bernama Amat Pengkot (42) warga Dusun Lendang Gagak, Desa Sukadana, Kecamatan Bayan.

Kasat Reskrim Polres Lombok Utara IPTU I Made Sukadana mengungkapkan, pelaku menjalankan aksi kriminalnya di gudang korban di Dusun Sembagik, Desa Sukadana sekitar pukul 03.00 WITA. Gudang ini milik Sukinep (37) warga Dusun Lendang Jeliti, Desa Sukdana.

Saat itu gudang dalam keadaan sepi, lalu pelaku mengambil sepeda motor korban dengan cara merusak kunci setang dan memutus kabel engine. “Jadi, pelaku beraksi pada 8 Juni lalu sekitar pukul 03.00 WITA,” ungkapnya.

Korban sendiri mengaku memarkir sepeda motornya dalam keadaan terkunci setang di gudang yang belum memiliki pintu. Ia baru mengetahui sepeda motornya hilang pada pagi hari. Sepeda motor yang hilang yakni Honda Beat Putih Biru berpelat DR 5497 HU.

BACA JUGA :  Koperasi Karya Bahari Terima Royalti Ilegal

Dari informasi korban, polisi kemudian melakukan pengembangan selama tujuh hari. Lalu didapatkan informasi keberadaan sepeda motor curian tersebut di tangan Amat Pengkot. Polisi bergerak mengintai sekitar jam 10.00 WITA. Kemudian pada saat malam hari diketahui motor tersebut dititip di salah satu rumah warga karena pelaku tengah pergi pesta miras bersama teman-temanya di dusun lain.

Kemudian, aparat bergerak melakukan pengecekan terhadap barang bukti sepeda motor tersebut dan sesuai dengan barang bukti milik korban yang hilang. Namun sudah diganti warna menjadi hitam, dan tim langsung menuju lokasi pelaku.

Pada saat penggerebekan pelaku mengetahui kedatangan tim dan melarikan diri ke arah Dusun Tereng Tebus dan terjadi kejar-kejaran antara tim dan tersangka dengan kondisi jalan pegunungan yang terjal. ‚ÄúSetelah kejar-kejaran, tim berhasil mengamankan pelaku di jalan setapak Dusun Tereng Tebus,” jelasnya.

Pihaknya pun langsung melakukan interogasi awal di lokasi dan pelaku mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian kendaraan bermotor di beberapa TKP. “Pelaku sudah lama kita incar, karena melakukan aksi curanmor di sejumlah titik,” terangnya.

BACA JUGA :  Tak Laksanakan Kewajiban, Kades KLU Terancam Dipecat

Setelah melakukan interogasi, ada sejumlah TKP dari perbuatan pelaku yaitu di Dusun Sembagik, Desa Sukdana, Kecamatan Bayan didapatkan 1 unit Honda Beat. Selanjutnya di Dusun Dasan Tereng, Desa Gunjan Asri, Kecamatan Bayan berupa 1 unit Yamaha Jupiter MX King. Kemudian pinggir Pantai Dusun Ketapang, Desa Selengen, Kecamatan Kayangan berupa 1 unit Honda Beat Pop. Lalu TKP Dusun Panggung, Desa Salut, Kecamatan Kayangan berupa 1 unit Honda Supra Fit X. “Kami temukan barang bukti ketika melakukan penggeledahan di rumah pelaku,” ungkapnya.

Selain itu, juga ditemukan sejumlah perangkat sepeda motor seperti speedometer beat, satu kotak kunci motor, pelat motor, spion motor, list stiker motor, besi pegangan motor, karburator motor. (flo)