Sirkuit Mandalika Gelar Balap Mobil Perdana 8-10 Desember

MOBIL BALAP: Mobil-mobil balap seperti Porsche 911 GT3 Cup, telah tiba di Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika, untuk balapan pada 8-10 Desember mendatang. (IST/RADAR LOMBOK)

PRAYA — Ajang balap otomotif Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, dipastikan siap dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika pada 8-10 Desember mendatang.

Ajang balap mobil perdana ini menampilkan jenis mobil yakni Porsche 911 GT3 Cup, sebuah mobil dengan bodi ringan dan spesifikasi turbo lebar yang tidak hanya memberikan tampilan yang mengesankan, tetapi juga memiliki kontribusi pada kontrol dan kelincahan seperti layaknya mobil balap.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengungkapkan ajang ini merupakan starting point untuk mengembangkan event and atraction di Mandalika untuk ajang  balap roda empat. Upaya-upaya dalam penyelenggaraan sebuah event and attraction ini merupakan suatu katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang harus terus dijaga.

“Tentunya ajang ini merupakan salah satu upaya kami sebagai traffic puller agar pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus berkembang, dan kita optimis dengan semakin banyaknya event yang dilaksanakan tentu akan menambah nilai jual kawasan di mata calon investor dan juga wisatawan yang akan berkunjung,” ungkap Maya Watono, kemarin.

Sementara itu, Direktur Operasi ITDC, Troy Warokka mengatakan bahwa sebagai destinasi wisata sport and enterntainment tourism, tentunya mereka terus berupaya untuk menjadikan Mandalika sebagai event bertaraf internasional yang unggul. Kehadiran Porsche Sprint Challenge Indonesia, merupakan langkah konkret menuju visi tersebut.

“Kami yakin dengan adanya event-event prestise seperti Porsche Sprint Challenge ini tak hanya akan memperkuat posisi sirkuit kami sebagai destinasi sport tourism yang menarik, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal di sekitarnya,” tegasnya.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menambahkan saat ini sudah datang sepuluh unit mobil balap Porsche 911 GT3 Cup di Pertamina Mandalika International Circuit. Bagi mereka, mobil ini merupakan suatu simbol keistimewaan dan prestise dalam dunia balap. Porsche Sprint Challenge Indonesia juga menjadi landasan bagi pengembangan bakat-bakat muda di dunia balap Indonesia.

Baca Juga :  Zigi Berhasil Amankan Tiket PON Aceh-Sumut 2024

“Melalui program pelatihan dan pengembangan yang terintegrasi serta platform yang memadai, kita berharap kehadiran Pertamina Mandalika International Circuit dapat melahirkan pembalap-pembalap handal yang tidak hanya dapat bersaing di tingkat nasional, tetapi juga mewakili Indonesia dalam ajang balap internasional,” harapnya.

Ia menegaskan bahwa Porsche Sprint Challenge Indonesia dilisensikan dan dioperasikan oleh Supersport Motorsport, perusahaan motor sport yang berbasis di Mandalika, NTB, dan memiliki dukungan penuh dari Porsche Indonesia. “Event ini telah mendapatkan homologasi untuk menggelar ajang balap Roda-4 melalui dukungan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI),” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, pengunjung dapat menikmati event balap ini secara gratis di Grandstand A. Sedangkan untuk akses ke paddock selama 3 hari tersedia dengan harga mulai dari Rp300.000, sudah termasuk pajak. “Paddock adalah area kerja bagi mekanik tim balap dan administrasi sirkuit, sehingga dapat memberikan pengalaman lebih eksklusif bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan pembalap,” terangnya.

CEO PT Star Motorsport Indonesia (Superstars Motorsport), Bagoes Hermanto mengungkapkan jika musim balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia pertama di Pertamina Mandalika International Circuit, membuat pelanggan serta pembalap mereka bersemangat.

Dalam beberapa hari mendatang, mereka akan bekerja sama secara erat dengan para pemangku kepentingan seperti Ikatan Motor Indonesia, Injourney, ITDC dan MGPA untuk mempersiapkan balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia yang pertama.

“Superstars Motor Sport dan MGPA sangat bersemangat untuk menjadi tuan rumah series balapan dengan mobil Porsche 911 GT3 Cup baru dan segera menyambut pembalap Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit,” terangnya.

Baca Juga :  Libas PS Selera 9-0, Perslotim Kunci Klasemen Grup B

Ia menegaskan pada musim 2023, balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia akan digelar sebanyak 3 kali di Pertamina Mandalika International Circuit, yaitu 8-10 Desember 2023, 12-14 Januari 2024 dan 26-28 Januari 2024. Setiap putaran balap terdiri dari Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race selama 45 menit. “10 mobil balap Porsche 911 GT3 Cup siap berlaga pada musim perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, General Manager Porsche Indonesia Alexander Riedel mengungkapkan kegembiraannya karena Porsche Indonesia sangat antusias untuk menjadi bagian dari Porsche Sprint Challenge Indonesia yang pertama, berbagi kekayaan DNA motorsport mereka dengan para penggemar balap lokal. Dengan sejarah balap yang panjang dan bertingkat di berbagai disiplin ilmu, Porsche mewakili semangat yang tersulut, presisi yang tak tergoyahkan, dan semangat kompetisi yang membara dalam olahraga motor.

“Kami menantikan untuk melihat para pembalap pro-am dan amatir berkompetisi di trek pada Porsche 911 GT3 Cup musim ini, dan memberikan kesempatan kepada para penggemar untuk menyaksikan aksinya dari dekat,” tambahnya.

Salah satu pembalap Porsche Sprint Challenge Indonesia, Budiyanto turut antusias dengan penyelenggaraan event. Ia sebagai salah satu peserta Porsche Sprint Challenge Indonesia sangat antusias dan menunggu balapan mobil yang prestisius, yang pertama kali diadakan di Indonesia dan di Pertamina Mandalika International Circuit.

“Harapannya nanti balapan ini akan menjadi mercusuar untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia, untuk masuk ke jajaran elite otomotif dunia, dan menjadi ajang sport tourism yang bisa membawa nilai ekonomi bagi Indonesia,” terangnya. (met)

Komentar Anda