Sapi 1,4 Ton Kurban Presiden Jokowi akan Dipotong di Desa Ombe Baru

SAPI KURBAN: Kabag Kesra Pemkab Lombok Barat, menerima hewan kurban yang akan dibagikan oleh Pemkab Lombok Barat. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG–Sapi kurban bantuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan dipotong di Dusun Ombe Rerot, Desa Ombe Baru, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Lombok Barat H. Maksum menjelaskan, sesuai hasil komunikasi dengan Kepala Biro Kesra Provinsi NTB, sapi kurban bantuan dari Presiden itu akan diserahkan pada hari Rabu besok, yang akan diterima oleh Pengrus Masjid Al Husni Dusun Ombe Rerot Desa Ombe Baru.

“Iya sapi kurban dari Presiden akan diserahkan besok Rabu,” katanya, Selasa (27/6).

Pemotongan sapi kurban Presiden ini, dilakukan pada hari Kamis, usai melaksanakan sholat Idul Adha. Dimana untuk serah terima sapi kurban ini, akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, yang nantinya akan diwakilkan oleh Asisten dan dari Bagian Kesra.

Baca Juga :  Disnakeswan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Ia menjelaskan, sapi kurban dari Presiden ini pertama kali informasinya dari tiga minggu yang lalu dari pemerintah pusat melalui Biro Kesra Provinsi NTB.

Informasi ini terus ditindaklanjuti dengan surat kepada Bupati Lombok Barat. “Jadi arahnya bantuan Presiden ini hanya satu di Provinsi NTB, di Lombok Barat saja, ” katanya.

Selanjutnya setelah menerima surat resmi, kemudian pihaknya meminta arahan kepada Bupati Lombok Barat, kemana akan diarahkan bantuan sapi ini. Akhirnya ketemu sama satu masjid yaitu masjid Al – Husni yang ada di Desa Ombe Baru. “Sudah dilakukan survei kondisi sapi yang dibeli ini lokasinya ada di KLU,” ujarnya.

Baca Juga :  Murid Tidak Mampu Dibagikan Daging Kurban

Setelah survei kondisi sapi selanjutnya dilakukan survei lokasi masjid penerima, bersama pengurus, dan lokasi pemotongan juga sudah disurvei.

“Lokasi penyembelihan, lokasi pencincangan daging kurban sudah disurvei semuanya, termasuk teknis pembagian juga,” tegasnya.

Berat sapi yang akan dikurbankan ini sekitar 1,4 ton, yang ditargetkan akan dibagi menjadi sekitar 650 paket daging kurban, dengan satu paket berisi sekitar 2,5 atau 3 kilogram.

Nantinya pihak panitia akan membagi kupon kepada masyarakat yang ada di Desa Ombe dan desa-desa tetangga. “Kita perkirakan bisa dapat 650 paket daging kurban,” katanya. (ami)

Komentar Anda