Sampah Kiriman Penuhi Kawasan Pantai Gili Gede

DIPENUHI SAMPAH: SAMPAH: Pantai kawasan Marina Dal Ray Kecamatan Sekotong dipenuhi sampah kiriman dari sungai. (ist)

GIRI MENANG— Kawasan wisata Gili Gede tepatnya di pinggir pantai Marina Del Ray di Desa Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong Lombok Barat dipenuhi sampah.

Sampah ini dari ranting pohon yang hanyut terbawa sungai dan bermuara di pantai Marina Del Ray. Pengelola Marina Del Ray sudah beberapa kali melakukan pembersihan sampah tersebut, namun setiap hujan besar atau air sungai besar sampah musiman ini kembali datang.” Memang ini sampah musiman, Minggu lalu sudah kita bersihkan, tetapi setiap musim hujan atau air sungai besar, datang lagi sampahnya. Kalau tidak dibersihkan, kawasan pantai jadi kotor dan kumuh, ini bisa membuat para tamu tidak nyaman dengan suasana pantai yang kotor,” keluh manajemen Marina Del Ray melalui konsultannya Sri Mili Yanti.

Diungkapkan Mili, tumpukan sampah ini dikeluhkan oleh kliennya. Sampai saat ini belum ada solusi yang diberikan oleh pemerintah daerah maupun dari pemerintah desa. Jika terus dibiarkan seperti ini, akan bisa menurunkan minat wisatawan mancanegara untuk datang ke kawasan ini. Padahal kawasan ini adalah kawasan tempat bersandarnya kapal Yacht dari berbagai negara.” Jangan sampai ekspektasi mereka tidak sesuai dengan kenyataan. Yang mereka tahu pantai di Lombok itu indah, ternyata yang mereka dapatkan seperti ini,” ungkapnya.

Panjang garis pantai tempat tumpukan sampah 100 meter. Memang jenis sampah ini kebanyakan sampah alam, namun ada juga sampah. Sampah ini kata Mili, bisa merusak kapal yang bersandar. Kapal itu tidak boleh kena kotoran, sebab akan membuatnya cepat rusak. ” Tetapi kalau ada upaya pemerintah atau kita bersama menjaga sampah ini di atas, mungkin tidak akan bisa terbawa air hingga ke laut, yang berakhirnya di depan Marina,” katanya.

Ia berharap agar Pemkab Lobar bisa bersama-sama melakukan pembersihan pantai dan melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi lagi pada musim hujan yang ada datang.” Saya berharap bersama -sama, kita sama-sama bekerja,” ajaknya.

Keberadaan sampah ini tidak bisa ditolak, namun bisa diminimalisir keberadaan sampah ini dengan cara memasang jaring atau penghalang sampah di atas.” Menjaga kan bisa, kalau kawasan ini bersih tentunya akan semakin banyak wisatawan yang akan datang,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat Budi Darma Jaya mengatakan, untuk permasalahan sampah ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan dinas pariwisata dan pemerintah desa serta camat Sekotong.” Besok saya koordinasi dengan camat, desa dan teman gerakan untuk bisa bersihkan lokasi ini,” katanya.

Tim kebersihan sudah ada agenda untuk membersihkan sampah di kawasan Meninting hari ini. Setelah itu diupayakan bagaimana solusi penanganannya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaDemi Beli Sabu, Anak di Bawah Umur Bobol 16 Brankas
Berita berikutnyaDikes NTB Masih Menunggu Vaksin Covid-19