Sambangi Buya Syafii Ma’arif, Airlangga Diminta Wujudkan Cita-cita Bangsa

SILATURAHMI: Rangkaian Kunker ke Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, juga bersilaturahi ke kediaman cendekiawan bangsa, Buya Syafii Maarif. (ist for radarlombok.co.id)

YOGYAKARTA—Cendekiawan bangsa Ahmad ‘Buya’ Syafii Maarif berpesan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, untuk mewujudkan cita-cita bangsa seperti yang tertuang di pasal 33 UUD 1945 dan sila kelima Pancasila.

“Tadi kami diskusi panjang dan hangat. Kami bicara politik, tapi ndak usah kita buka di sini, nanti malah menyalahi,” kata Buya, usai pertemuan di rumahnya di Perum Nogotirto, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu siang (19/6), seperti dikutip dari laman golkarpedia.com.

Menurut Buya, sejak Indonesia merdeka, cita-cita bangsa yang tertuang di pasal 33 UUD 1945 dan sila kelima Pancasila masih menggantung di awan tinggi. “Sejak kita merdeka sampai hari ini,” katanya.

BACA JUGA :  Partai Golkar Berduka dan Doakan Awak KRI Nanggala-402

Bersama Menteri Perindustrian yang juga kader Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, Airlangga beserta rombongan tiba di rumah Buya pada 13.09 WIB dan menggelar pertemuan hingga jam 14.06 WIB.

Buya mengatakan negara ini sedang dalam krisis negarawan, karena yang banyak muncul adalah politisi. Dampaknya, negara berjalan terseok-seok. Soal apakah Airlangga termasuk negarawan yang diharapkan, Buya mengatakan tidak mau menilainya, dan lebih menyerahkan penilaian tersebut pada masyarakat.

“Sebelumnya saya tidak pernah berbicara langsung dengan beliau (Airlangga). Semua menteri perekonomian sebelumnya selalu ke sini. Tadi diskusi kita panjang dan hangat,” ungkap Buya.

BACA JUGA :  CSIS: Airlangga Miliki Dua Keunggulan Dibanding Kandidat Capres Lain

Buya juga meminta kedatangan Airlangga ke rumahnya, tak dikaitkan dengan pencapresan Airlangga, seperti telah disampaikan sejumlah pihak di Golkar.

Hal itu juga ditegaskan Airlangga kepada wartawan, bahwa kedatangannya ke Buya hanya untuk silaturahmi. “Nanti saja di tempat acara satu lagi dilanjutkan. Terima kasih,” katanya singkat.

Kunjungan ke Buya ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Airlangga sejak Jumat (18/6). Bermula dari Solo, Jawa Tengah, rombongan mampir ke Klaten, dan diakhiri acara internal dengan DPD Golkar DIY pada Sabtu malam. (*/gt)