Puluhan Siswa SMKN 1 Lingsar Dilatih Cari Aman Berkendara

EDUKASI : Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB saat memberikan edukasi kepada puluhan siswa SMKN 1 Lingsar, Selasa (14/3).

GIRI MENANG – Kegiatan Safety Riding di SMKN 1 Lingsar diadakan, Selasa (14/3) diikuti oleh siswa kelas XI dan XII dari jurusan TBSM dengan total peserta 79 orang. Di pagi hari siswa diajak untuk mengisi pre test untuk mengetahui pemahaman siswa yang ikut.

Setelah semua selesai mengisi pre test semua siswa di ajak untuk berdoa dan memulai sesi edukasi pada pagi hari, di mulai dari perkenalan instruktur, yaitu Satria Wiman Jaya selaku Safety Riding Instruktur Astra Motor NTB. Setelah itu, Satria membawakan materi pelatihan berkendara AMAN SMA, berisi materi untuk anak SMA yang belum atau baru bisa membawa sepeda motor.

Baca Juga :  Ibu –Ibu PKK Dilatih Cari Aman Berkendara

Saat Edukasi Safety Riding yang konsisten kami gaungkan dalam berbagai kesempatan, Astra Motor NTB berbagi cara berkendara atau teknik yang aman saat berbelok. Pertama saat masuk ke area belokan jangan menggunakan rem depan karena bisa mengakibatkan ban slip. Tak lupa lihat arah yang dituju, ke dalam ujung tikungan. Kontrol kecepatan agar tetap stabil saat menikung. Apabila dibutuhkan pengereman tipis gunakanlah rem belakang.

“Tambah kecepatan apabila sudah berada di ujung tikungan,” jelas Satria.

Selain itu, Satria juga mengajak siswa yang ikut di kegiatan itu untuk melakukan praktek menggunakan Honda Vario160ABS. Honda vario yang sudah di lengkapi dengan pengereman type ABS yang memungkinkan pengguna melakukan pengereman secara paten/pakem dan jika di tembah dengan teknik pengereman yang baik dan benar maka akan dapat mengurangi dampak dari salah pengoperasian rem/slip.

Baca Juga :  Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa Ramadan

Siswa yang diajak praktik di ajarkan untuk 7 postur berkendara, postur berboncengan dan juga teknik pengereman. Sebelum siswa mencoba instruktur safety riding melakukan demonstrasi terlebih dahulu dan siswa menyimak dengan seksama.  (luk)

Komentar Anda