Produk Olahan Pertanian Dominasi Pameran FTN

PRAYA—Festival Tani Nusantara (FTN) tingkat nasional yang dipusatkan di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Jum’at kemarin (23/9) mulai dilaksanakan. Sebanyak 240 stand berbagai produk olahan hasil pertanian dari 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB dipamerkan dalam ajang FTN tahun 2016 yang dipusatkan di alun-alun Kota Praya, dan berlangsung dari tanggal 23-25 September 2016.

Berbagai produk makanan dan kerajinan yang berasal dari hasil pertanian mendapat perhatian dari ratusan pengunjung saat dibuka oleh Bupati Lombok Tengah, H. Suhaili FT. Kegiatan juga dihadiri Ketua Umum Perhimpunan Tani Indonesia (PTI) , Farry D Francis, Ketua DPD HKTI Provinsi NTB, H. Wilgo Zainar, Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Fathul Bahri dan ribuan pengunjung yang memadati taman alun-alun Tastura Kota Praya.

Bupati Lombok Tengah, H. Suhaili FT menyambut baik dengan even nasional seperti HTN yang dipusatkan di Praya, Lombok Tengah. Kegiatan even Festival Tani Nusantar akan memberikan dampak positif dalalam mempromosikan berbagai produk dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbahan baku hasil produk pertanian.

“FTN ini jadi ajang mempromosi kan produk olahan hasil pertanian di Lombok Tengah. Dan ini juga menjadikan motivasi bagi petani di Lombok Tengah untuk membangun di sektor pertanian,” kata Suhaili.

Dikatakan, Kabupaten Lombok Tengah menjadi salah satu daerah sebagai lumbung pangan nasional. Produksi padi di Lombok Tengah termasuk menjadi penentu stok pangan nasional untuk beras. Begitu juga dengan berbagai potensi tanaman hortikultura lainnya bisa lebih giat dikembangkan oleh petani sebagai nilai tambah.

Ketua Umum PTI, Farry D Francis  mengatakan, pelaksanaan Festival Tani Nusantara di Praya, Lombok Tengah sebagai salah satu melihat potensi berbagai produk pertanian yang sudah menjadi pangan olahan. PTI dan HKTI sebagai salah satu organisasi tani di Indonesia selain memberi advokasi terhadap berbagai kendala yang dihadapi petani juga menyiapkan berbagai terobosan dan pendampingan kepada petani termasuk didalamnya membuat  pusat informasi harga.

Untuk pusat informasi harga ini, sambung Farry,  akan memberikan kemudahan bagi petani dalam menanam dan menjual berbagai produk hasil pertanian mereka. Sehingga, para petani di Indonesia mengetahui perkembangan harga dan menjadi dasar ataupun acuan untuk menjual produk hasil pertanian mereka.

Sementara itu, Ketua DPD HKTI Provinsi NTB, H. Wilgo Zainar mengatakan, Festival Tani Nusantara di Praya Lombok Tengah sebagai salah satu langkah memberikan promosi berbagai produk hasil pertanian dan pangan olahan dari petani di NTB. selama even pameran festival tersebut berbagai kegiatan juga akan dilaksanakan seperti rapat kerja nasional PTI dan serta diramaikan dengan hiburan yang berasal dari artis nasional, seperti Grup Bank Geisha, Slank dan Iwan Fals.

“Komoditas hasil pertanian di NTB sangat banyak dan kita ingin petani itu bisa mendapatkan nilai tambah dari produk pertanian tersebut,” pungkasnya. (luk)