PLN Pulihkan 100 Persen Sistem Kelistrikan Tambora Akibat Banjir Bandang

GERAK CEPAT: PlN UIW NTB melalui PLN UP3 Sumbawa dan PLN UP3 Bima gerak cepat memulihkan sistem kelistrikan Tambora akibat banjir bandang, Jumat (9/2).

BIMA–PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB melalui PLN UP3 Sumbawa dan PLN UP3 Bima bergerak cepat melakukan pemulihan pada sistem kelistrikan Tambora pada hari Jumat (9/2) yang mengalami pemadaman diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga memicu terjadinya banjir bandang di kedua wilayah tersebut.

Banjir bandang yang terjadi berdampak pada padamnya suplai listrik di sebagian wilayah Sumbawa dan Bima serta longsornya beberapa tiang listrik dibeberapa lokasi.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo mengatakan bahwa prioritas utama adalah keselamatan Masyarakat. Djarwo memastikan setelah cuaca dan kondisi aman, puluhan petugas yang dikerahkan dengan sigap telah melakukan pengecekan dan penormalan di wilayah terdampak banjir.

“Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan warga, kelistrikan di wilayah terdampak banjir di Sumbawa dan Bima dapat pulih kembali 100%. Tercatat sebanyak 13 Gardu Distribusi PLN dan 9.807 pelanggan di wilayah Sumbawa yang sebelumnya terdampak banjir telah berhasil dipulihkan pada hari Sabtu (10/2) pukul 17.02 Wita,” jelas Djarwo.

Baca Juga :  Melalui Co-Firing, 40 PLTU PLN Sukses Turunkan Emisi 429 Ribu Ton CO2

“Sedangkan 1 Gardu Distribusi dan 224 pelanggan yang terdampak di wilayah Bima telah berhasil dipulihkan lebih awal pada hari Jumat (9/2) pukul 23.15 Wita. Kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari berbagai pihak,” tambah Djarwo.

Djarwo juga menambahkan pada kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang ini tidak menutup kemungkinan curah hujan akan semakin meningkat. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada.

“Kami menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah. Mohon dipastikan instalasi listrik dalam kondisi aman dan apabila ada gangguan pelanggan dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile,” tambah Djarwo.

Dalam keterangannya, Djarwo juga telah menginstruksikan kepada seluruh Unit Pelaksana untuk memastikan keandalan infrastruktur dan kesiapan personil untuk siap siaga jika diperlukan pada saat pemulihan gangguan.

Baca Juga :  Jelang Race Day MotoGP Mandalika, PLN Resmikan Infrastruktur Kelistrikan Senilai Rp 500 Miliar

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan layanan listrik yang terbaik kepada pelanggan kami,” tambahnya.

PLN mengajak kepada Masyarakat untuk mengikuti beberapa tips aman dan nyaman menggunakan listrik di kala banjir, yaitu: matikan instalasi listrik di dalam rumah; cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak; naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi; bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi contact center PLN 123; dan hubungi instansi terkait penanggulangan bencana jika terjadi banjir.

“Keamanan ketenagalistrikan merupakan tanggungjawab kita bersama, sehingga kami mengajak kita semua peduli terhadap kejadian-kejadian yang memiliki potensi menimbulkan bahaya yang diakibatkan oleh listrik. Apabila membutuhkan bantuan untuk mengamankan, kami akan selalu hadir untuk membantu masyarakat,” pungkas Djarwo. (rl)

Komentar Anda