Perlu Anda Ketahui! 7 Bahan Alami Ini Bisa Redakan Asam Lambung

Pisang menjadi salah satu bahan alami untuk meredakan asalam lambung. (Istimewa)

JAKARTA – Tidak sedikit orang mengeluhkan kondisi kesehatannya terganggu akibat maag.

Salah satu penyebab maag ini diakibatkan naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung bisa membuat Anda mual, mulas, perut kembung dan bahkan ingin muntah. Mengonsumsi obat maag bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan asam lambung.

Namun, beberapa ramuan alami yang bisa Anda konsumsi bisa membantu juga.
Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

1. Pisang

Pisang bisa membantu jika Anda asam lambung kamu naik. Pisang kaya potasium dan membantu menjaga tingkat produksi asam di perut Anda.

Komponen tertentu dalam pisang juga membantu meningkatkan produksi lendir di perut Anda, yang membantu melindunginya dari efek berbahaya dari produksi asam yang berlebihan.

Pisang tinggi kandungan serat yang membantu mempercepat pencernaan dan mencegah naiknya asam lambung. Anda juga bisa makan pisang yang terlalu matang untuk mengatasi tingginya asam lambung, karena pisang cenderung mengandung lebih banyak potasium yang ampuh meredakan asam lambung.

2. Daun Tulsi

Ramuan alami ini hadir dengan banyak khasiat luar biasa dan membantu mengatasi asam lambung adalah salah satunya. Daun tulsi membantu merangsang perut Anda untuk memproduksi lebih banyak lendir. Daun tulsi memiliki sifat antiulcer dan mengurangi efek asam lambung. Mengunyah lima hingga enam daun tulsi saat Anda menderita keasaman adalah cara yang bagus untuk mengatasi ketidaknyamanan yang kamu rasakan.

BACA JUGA :  Petugas Kesehatan Diminta Jangan Hanya Pikirkan Hak

3. Susu dingin

Ini adalah obat rumah lain yang sangat baik untuk kondisi tersebut dan efeknya langsung terasa. Susu memiliki jumlah kalsium yang tinggi yang membantu mencegah pembentukan asam dan menyerap kelebihan asam yang dihasilkan. Susu dingin juga memberikan bantuan instan dari sensasi terbakar yang dirasakan seseorang saat asam lambungnya naik. Sangat penting Anda mengonsumsi susu dingin dan tanpa aditif seperti gula.

4. Adas manis

Cobalah obat ini pada saat Anda merasakan sensasi terbakar itu dan segera dapatkan bantuan. Adas manis memiliki sifat anti-ulkus yang sangat kuat (karena minyak atsiri yang dikandungnya), yang membantu pencernaan dan mengurangi sembelit.

Adas manis membantu mendinginkan lapisan perut, mengurangi sensasi terbakar yang Anda rasakan saat asam lambung naik. Meskipun hanya mengunyah beberapa biji adas manis, hal ini membantu mengurangi gejala keasaman, sebagai obat jangka panjang. Rebus beberapa biji adas dalam air dan biarkan semalaman, minum air ini di siang hari ketika Anda merasa asam lambung mulai naik.

5. Cengkeh

Cengkeh baik untuk pencernaan dan bisa membantu mencegah dan memerangi refluks asam. Saat digigit, indera perasa Anda bereaksi terhadap rasa pedas cengkeh dan mengeluarkan air liur berlebih, yang pada gilirannya membantu pencernaan dan mengalahkan gejala keasaman. Cengkeh juga memiliki sifat karmitive dan membantu meningkatkan peristalisis (pergerakan makanan ke perut). Jika Anda menderita asam lambung, gigit satu cengkeh sekali agar sarinya keluar dan kemudian biarkan di mulut selama beberapa saat sebelum ditelan.
Jus yang dilepaskan perlahan akan segera menurunkan refluks asam dan memberi Anda sedikit kelegaan.

BACA JUGA :  Lima Jenis Makanan yang Bisa Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

6. Daun mint

Ini adalah solusi sempurna untuk orang yang sering menderita keasaman. Daun mint membantu menurunkan kandungan asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Daun mint memiliki efek pendinginan yang membantu mengurangi rasa sakit dan terbakar yang terkait dengan refluks asam. Anda juga bisa mencoba mint untuk menenangkan gangguan pencernaan.

7. Jahe

Jahe meningkatkan pencernaan dan juga mencegah penyakit perut lainnya.
Jahe dikenal mampu meningkatkan pencernaan dan membantu penyerapan dan asimilasi nutrisi penting yang lebih baik. Jahe juga melindungi perut Anda dari bisul dengan meningkatkan sekresi lendir dan mengurangi efek asam pada perut Anda. Untuk menghilangkan keasaman, kunyah sepotong kecil jahe. Jika Anda merasa terlalu pedas, cobalah merebusnya dalam air dan meminum rebusannya.(fny/jpnn/rl)