Pelantikan Ketua DPRD Jumat Besok

MATARAM – Setelah melalui berbagai proses panjang dan dinamika politik tingkat tinggi, akhirnya Hj Baiq Isvie Rupaeda akan dilantik menjadi Ketua DPRD NTB menggantikan H Umar Said pada hari Jum'at besok (15/7).

Sekretaris DPRD NTB, Mahdi mengungkapkan, dirinya saat ini sedang berada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Biro Pemerintahan Provinsi NTB untuk mengambil Surat Keputusan (SK) pengangkatan Isvie dan SK pemberhentian Umar dari Ketua DPRD. "Ini sedang kita ambil suratnya, besok  (hari ini) saya balik ke Mataram dan hari Jumat pelantikan," terangnya kepada Radar Lombok, Rabu sore (13/7).

Disampaikan Mahdi, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD telah bersepakat untuk menjadwalkan pelantikan pada hari Jumat besok. Pihak Sekretariat juga langsung mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran prosesi pelantikan.

Plt Kepala Biro Pemerintahan, Ansar Basri mengaku telah menerima informasi SK sudah keluar pada Selasa sore. SK sudah ditandatangani  Mendagri Tjahjo Kumolo dan sudah disusun oleh bagian Otda. "SK masuk ke meja menteri hari Jumat sebelum libur, sepertinya hari Senin kemarin pada saat hari pertama kerja langsung ditandatangani. Makanya Selasa sore sudah bisa kita ambil, tapi karena pegawai saya tidak dapat tiket, tadi pagi Subuh bisa berangkat," kata Ansar.

BACA JUGA :  Gubernur ke Korsel, Pelantikan Diundur

Terkait SK tersebut, yang bisa memasukkan dan mengambil hanyalah Biro Pemerintahan. Kemendagri tidak akan memberikan ke pihak lain termasuk ke Sekwan. Nantinya, Sekwan akan menerima SK tersebut dari Biro Pemerintahan.

Langkah selanjutnya setelah SK diambil, akan dilaporkan ke Gubernur NTB dan disampaikan ke Sekretariat DPRD. Untuk jadwal pelantikan dan persiapan lainnya merupakan tanggungjawab sekretariat dewan.  "Kalau kita tugasnya sampai disitu, soal pelantikan urusan Sekwan.  Malam nanti pegawai saya akan langsung pulang kalau dapat tiket, tapi kalau tidak ya paling besok baliknya," ujar Ansar.

Calon Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda yang dihubungi Radar Lombok menyambut baik telah keluarnya SK tersebut. Semakin cepat pelantikan tentunya semakin menguntungkan daerah dan rakyat, mengingat kekosongan ketua DPRD secara politik sangat mengganggu kerja-kerja wakil rakyat.

Lalu apa yang akan menjadi prioritas utama dari seorang Isvie setelah dirinya dilantik ? Terkait hal itu, Isvie masih belum berkenan memberikan tanggapan. "Nanti setelah pelantikan saja ya, yang penting sekarang pelantikan lancar dulu. Mohon doa dan restu dari semua pihak," jawabnya. (zwr)