Sebelum Lebaran, SK Isvie Rupaeda Keluar

MATARAM – Berkas pergantian Ketua DPRD NTB dari H Umar Said ke Hj Isvie Rupaeda telah lengkap.

 Diperkirakan, Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bisa keluar sebelum hari raya lebaran Idul Fitri tiba. Sekretaris DPRD NTB, Mahdi menyampaikan, setelah rapat paripurna memutuskan pergantian tersebut pihaknya bergerak cepat. "Kita langsung lengkapi semua syarat-syarat yang dibutuhkan, alhamdulillah semuanya sudah tuntas," terangnya kepada Radar Lombok saat dihubungi, Selasa kemarin (21/6).

 Setelah berkas lengkap, Sekretariat Dewan akan mengirimnya ke Mendagri melalui gubernur. Semua berkas akan diverifikasi kembali oleh Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTB. Setelah dinyatakan lengkap, barulah biro pemerintahan menaikkannya ke meja gubernur untuk dibuatkan surat pengantar

Baca Juga :  Libur Lebaran, Poliklinik RSUD Tripat Tutup Seminggu

 Syarat-syarat yang sudah dinilai lengkap seperti SK Pengangkatan Umar Said sebagai Ketua DPRD saat pertama dulu, Surat Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar dan Semua Fraksi tentang Pergantian Antar Waktu (PAW), SK DPRD NTB tentang Pemberhentian Umar Said dan berita acara sidang pemberhentian Umar Said.

 Selain itu, berkas tersebut juga dilengkapi surat pengantar dari pimpinan DPRD yang dilengkapi dengan tandatangan. "Besok (hari ini – red) akan ditandatangani pimpinan dewan, setelah itu berkas kita bawa ke kantor gubernur," jelas Mahdi.

 Menurut Mahdi, dibutuhkan waktu sehari atau dua hari oleh Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini gubernur untuk kemudian membuat surat pengantar ke Mendagri. "Nanti di Kemendagri, kalau tidak ada kendala dibutuhkan waktu sekitar seminggu dan SK sudah ada," ungkap Mahdi.

Baca Juga :  Ada Temuan Rp 1,5 Miliar di Sekretariat DPRD Lobar

 Apabila Dirjen tidak ada kesibukan dan Mendagri Tjahjo Kumolo berada di tempat, SK  Ketua DPRD baru segera terbit. "Kita berdoa saja semoga tidak ada kendala, Insya Allah sebelum lebaran sudah ada SK kok," katanya.

 Hal yang dikhawatirkan Mahdi, bulan Ramadan biasanya para pejabat sibuk. Selain itu, kerap kali mengambil cuti lebih awal untuk menyambut lebaran. Tetapi apabila semua pejabat ada di tempat, dipastikan SK segera keluar dan dipersiapkan pelantikan untuk Ketua DPRD baru. (zwr)

Komentar Anda