Partai NasDem Resmi Usung Zulkieflimansyah Maju Jadi Bacagub NTB 2024

REKOMENDASI: Dr H Zulkieflimansyah menerima SK rekomendasi dari Partai NasDem untuk maju menjadi Bakal Calon Gubernur NTB 2024, di NasDem Tower Jakarta, Rabu (26/6). (IST/ RADAR LOMBOK)

JAKARTA — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem resmi menyerahkan rekomendasi kepada Dr H Zulkieflimansyah, sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Provinsi NTB 2024. Dr Zul sendiri yang langsung menerima surat rekomendasi Partai NasDem itu di NasDem Tower Jakarta, Rabu (26/6).

“Pak Doktor Zul Zulkieflimansyah, red) telah menerima rekomendasi sebagai Bakal Calon Gubernur NTB dari Partai NasDem,” kata Sekretaris DPW Partai NasDem NTB, Wahidjan.

Wahidjan menjelaskan, bahwa keputusan mengusung Dr Zul dilakukan atas dasar pertimbangan dan kalkulasi politik, salah satunya soal potensi menang. Dimana dari berbagai lembaga survei, Dr Zul atau yang akrab disapa Bang Zul ini juga masih tinggi.

Ia menegaskan bahwa surat rekomendasi dari Partai NasDem sebagai bekal untuk Dr Zul melakukan konsolidasi partai koalisi dan komunikasi politik dengan berbagai pihak. Dimana hal itu sebagai upaya penyempurnaan persyaratan pengusungan calon sampai diterbitkannya SK terhadap pasangan calon yang direkomendasikan Partai NasDem dan gabungan partai politik koalisi nantinya.

Baca Juga :  Sidang Kasus Tambang Pasir Besi, Mantan Kadis ESDM Akui Terima Uang Titipan Rp 696 Juta

Untuk diketahui, pada Pileg 2024 lalu, raihan kursi DPRD NTB Partai NasDem di NTB cukup bagus, berhasil meraih empat kursi. Sementara itu, untuk Pileg DPR RI Partai NasDem berhasil mengamankan 2 kursi, 1 kursi dari Dapil NTB 2 (Pulau Lombok) dan Dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa).

Dengan didapatkannya surat rekomendasi dari Partai NasDem pada Pilgub NTB 2024, Bang Zul kini sudah mengumpulkan 2 partai pengusung, yakni PKS dan Partai NasDem. Untuk Partai PKS memiliki 8 kursi di DPRD NTB hasil Pileg 2024, dan Partai NasDem memiliki 4 kursi di DPRD NTB hasil Pileg 2024. Dengan demikian, Bang Zul sudah mengumpulkan 12 kursi DPRD NTB dari persyaratan pencalonan maju Pilgub NTB yang  sebanyak 13 kursi.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Kakanwil Kemenag NTB tentang SE Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala

Sejumlah partai dikabarkan juga sudah melakukan pendekatan dan berpotensi ikut mendukung dan berkoalisasi dengan Bang Zul pada Pilgub NTB 2024, yang akan dilaksanakan pada November mendatang.

Sementara itu, Dr Zul membenarkan bahwa dirinya sudah memperoleh SK rekomendasi dari DPP Partai NasDem. Ia menyebut sejauh ini sudah ada tiga Parpol yang dipastikan akan mendukung dan mengusung pada Pilgub NTB, yakni PKS, Partai NasDem dan Partai Hanura.

“Koalisi tiga Parpol ini sudah mencukupi 13 kursi. Namun kita berharap Partai Golkar juga bisa bergabung nanti,” harapnya. (luk)

Komentar Anda