Nasrin Owner Moringa Kidom Raih Penghargaan Paramakarya 2021

NTB Sukses Membina UMKM Melalui Program Industrialisasi

Moringa Kingdom
PENGHARGAAN : Owner Moringa Kidom Nasrin bersama Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi menerima penghargaan Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021 di Jakarta, Kamis (18/11).

JAKARTA – Provinsi NTB menerima Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021 dengan posisi nomor 15 dari 24 provinsi penerima Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021.

Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi menerima Piagam Penghargaan atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021. Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (18/11).

Terpilihnya Provinsi NTB sebagai penerima Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021 tidak lepas dari peran pemerintah daerah yang hadir memfasilitasi, mendorong dan membina UMKM melalui program industrialisasi. Program industrialisasi melahirkan banyak UMKM baru di mana produk-produknya bisa bersaing di tingkat provinsi dan nasional. Oleh karena itu, UMKM yang ada di Provinsi NTB bisa berpartisipasi dalam program Shiddakarya untuk tingkat provinsi dan Program Paramakarya di tingkat nasional.

Dari 15 UMKM yang terpilih dalam pengusulan Program Siddhakarya Tahun 2020, kemudian terpilih 6 UMKM paling berprestasi untuk dilanjutkan mengikuti penilaian Penghargaan Paramakarya Tahun 2021. Adapun 6 UMKM tersebut, yakni 1. CV. Tri Utama Jaya dengan usaha Teh Moringa Kidom, 2. Rembitan Sasak dengan usaha Batik Sasambo, 3. UD. Ari Putra dengan usaha Aneka Makanan Ringan, 4. UD. Safir dengan usaha Kue Kering dari bahan kacang-kacangan, 5. UD. Rocky dengan Cake and Bakery, 6. UD. Azhari dengan usaha Tortila dan Sambal Cengeh.

Dari 6 UMKM yang terpilih dalam pemberian Penghargaan Siddhakarya, maka dilakukan penilaian oleh Tim Juri Pusat untuk pemberian Penghargaan Paramakarya. Dari hasil penilaian tersebut, terpilih CV Tri Utami Jaya yang mewakili Provinsi NTB sebagai penerima Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021.

Nasrin selaku pemilik CV Tri Utami Jaya berhasil mengolah kelor dengan kemasan menarik. Produk Moringa Kidom memanfaatkan bahan baku batang, buah dan daun Kelor yang merupakan satu-satunya produk minuman herbal asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah berhasil menembus pasar internasional. Tidak disangka inovasinya tersebut mendapat sambutan positif dari pasar. Kerja kerasnya ini berhasil mengangkat produk lokal ke skala internasional. Saat ini sudah lima jenis produk yang dihasilkan dengan berbahan baku kelor. Dengan nilai ekspor perdana ke taiwan dan beberapa negara yang mencapai nilai Rp 225 juta.

Selain Nasrin, Gubernur  NTB H Zulkieflimansyah juga meraih penghargaan serupa. Pemprov NTB berada pada posisi 15 dari 24 provinsi penerima Paramakarya 2021.  Terpilihnya Pemprov  NTB  tidak lepas dari perannya hadir memfasilitasi, mendorong dan membina UMKM melalui program industrialisasi. Program industrialisasi melahirkan banyak UMKM baru, di mana produk-produknya bisa bersaing di tingkat provinsi, nasional bahkan ekspor. Paramakarya Award 2021 adalah kado manis jelang 63 tahun usia NTB tanggal 17 Desember 2021 mendatang. (luk)

Komentar Anda