Majukan Desa Demi Masyarakat Sejahtera

PELATIHAN: Ditjen Bina Desa Kemendagri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro saat pembukaan Pelatihan P3PD di Bandung, Jabar, Kamis (21/9).

MATARAM–Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Ditjen Bina Desa melaksanakan program Penguatan Program Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) serentak di seluruh Indonesia.

Ditjen Bina Desa, Eko Prasetyanto Purnomo Putro menjelaskan, kegiatan penguatan kapasitas ini akan berlangsung selama dua bulan, sejak pekan kedua September hingga pekan ketiga November 2023.

“Sebanyak 131.600 lebih aparat desa kami latih, di-upgrade kapasitasnya,” kata Ditjen Bina Desa, Eko Prasetyanto Purnomo Putro saat pembukaan Pelatihan P3PD di Bandung Jabar, Kamis (21/9).

Baca Juga :  Dinas Dukcapil se NTB Terus Berinovasi

Disampaikan Eko, pembukaan pelatihan ini juga diikuti secara daring oleh seluruh peserta dari 33 Provinsi termasuk di NTB. Pelatihan ini berlangsung delapan minggu untuk delapan gelombag pelatihan, dengan melibatkan 8 ribu pelatih dan 6 ribu narasumber.

“Adapun materi pelatihan yang diberikan beragam. Mulai dari kepemimpinan, wirausaha, tata kelola keuangan, BUMDes, hingga Penetapan Batas Desa,” katanya.

Baca Juga :  LKK Sebagai Wadah Partisipasi Masyarakat

Kepala Dinas DPMPD DUKCAPIL, NTB Ahmad Nur Aulia mengatakan untuk Provinsi NTB, pelatihan dilaksanakan di 4 hotel yang berbeda, yaitu di Hotel Lombok Raya, Hotel Lombok Garden, Hotel Idoop dan Hotel Lombok Plaza. “Pelatihan ini akan dilaksanakan sebanyak 8 angkatan yang berasal dari 896 Desa,” ujarnya.

Hadir dalam Pembukaan di Lombok Raya Asisten I Setda Provinsi NTB, Korprov P3PD beserta Tenaga Ahli P3PD. (rat/*)

Komentar Anda