Lima PNS Pemprov NTB Positif Covid-19

DOK/ILUSTRASI

MATARAM–Lima PNS lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB terkonfirmasi positif covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB Drs. Muhammad Nasir mengaku, kelima PNS tersebut bertugas di beberapa OPD seperti di BKD NTB ada 2 orang di bidang mutasi. Kemudian 1 staf Dinas PUPR NTB dan 2 orang di Biro Umum Setda NTB. “Jadi totalnya lima orang di tiga OPD,” bebernya, Rabu (20/1/2021)

Mereka yang dinyatakan positif sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing di bawah pengawasan tenaga kesehatan. Dengan adanya PNS yang positif ini lanjut Nasir, tak lantas membuat semua kantor layanan ditutup, hanya sebagian ruangan saja sesuai arahan dari Dinas Kesehatan. “Nggak semua ditutup, mungkin sebagian saja, tapi nggak tahu nanti kebijakan Sekda. Kalau di kami di ruangnya tampat staf yang positif itu saja yang kami tutup di bidang mutasi sampai tiga hari sesuai protap,” katanya.

Di BKD sendiri, sudah menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah khusus di bidang mutasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan covid-19 terhadap yang lain. “WFH sampai lusa, kalau bidang lain tetap masuk seperti biasa,” sambungnya.

Selain itu, setelah adanya pegawai yang terkonfirmasi positif, langsung dilakukan swab PCR terhadap 18 pegawai di BKD, khususnya di bidang mutasi. Hasilnya 17 orang negatif dan 1 orang positif. “Jadi yang positif ini, dia isolasi di rumah. Di rumahnya itu juga kita cari siapa anggota keluarganya yang sudah kontak untuk kita laporkan ke Dikes untuk bisa di-swab PCR, karena ini harus di-tracing (ditelusuri) semua bagi yang pernah kontak sama mereka,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas PUPR NTB H Sahdan, MT membenarkan adanya informasi soal pegawai PUPR yang terkonfirmasi positif covid-19. “Dia sudah dirawat di RSUD Kota Mataram, setelah di-swab disana terbukti dia positif,” ungkapnya.

Setelah mengetahui pengawai di Bidang Balai Pengujian PUPR itu positif, kata Sahdan, pihaknya langsung melakukan penelusuran dan dilakukan rapid test Antigen terhadap 24 orang. Hasilnya 1 orang reaktif. Yang reaktif kemudian di-swab, dan hasilnya negatif. (sal)