HAI Lombok Chapter Gelar Kangen Touring Lombok – Sumbawa

HAI CHAPTER LOMBOK
Para rider Honda ADV Indonesia pose bersama di Bukit Mantar, Kabupaten Sumbawa Barat.

MATARAM – Honda ADV Indonesia Lombok Chapter atau yang biasa dikenal dengan HAI Lombok Chapter merupakan salah satu klub yang berada di bawah naungan HALO (Honda Asosiasi Lombok). Club ini merupakan perkumpulan para pecinta motor Honda ADV 150. HAI Lombok Chapter baru saja melaksanakan touring jarak jauh antar pulau yang bertajuk “HAI Lombok Kangen Touring Lombok – Sumbawa”. Touring ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam yang dimulai dari tanggal 26 – 28 Februari 2022. Terdapat 17 unit motor Honda ADV 150 beserta 20 rider yang menjajal perjalanan dengan rute Lombok – Sumbawa melalui jalur selatan.

“Terhitung jauh perjalanan kurang lebih 600 kilometer mengitari Sumbawa via jalur selatan Lunyuk yang memiliki panorama alam hijau nan eksotis. Jalur ini dipilih karena sesuai dengan karakter motor Honda ADV 150 yang semi adventure dengan ban dual purpose menjadi pembeda dengan matic lain di kelasnya,” jelas Okta D. Sastra.

Selain itu, menurut penuturan Angga yang merupakan ketua HAI Lombok Chapter, perjalanan melalui jalur selatan ini merupakan napak tilas para rider senior maupun prospek untuk mengenang perjalanan touring kemerdekaan yang pernah dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2019 lalu. Itulah mengapa perjalanan kali ini disebut dengan kangen touring Lombok – Sumbawa.

Perjalanan dimulai dari Mataram pukul 21.00 Wita dan tiba di Labuhan Lombok pada pukul 00.00 Wita. Perjalanan dilanjutkan dengan kapal Ferry menuju Pototano dengan waktu tempuh 2 jam 30 menit dan sampai di Pototano pada pukul 02.30 Wita, sesampainya di Pototano, rombongan menyempatkan istirahat di rest area Pototano sampai pukul 04.00 Wita.

Baca Juga :  Motor Mogok Dijalan? Hubungi Layanan Honda Care

“Tujuan destinasi pertama yaitu bukit Mantar untuk menikmati sun rise atau matahari terbit yang sangat terkenal. Perjalanan menuju mantar cukup memacu adrenalin. Kondisi jalan yang memiliki tanjakan curam dan berliku serta jalan yang sempit menjadi tantangan tersendiri bagi para rider Honda ADV 150 mengingat body motor cukup bongsor, namun penyematan tapered handlebar ternyata membuat motor sangat mudah dikendalikan dan cenderung lincah sehingga motor bongsor ini tidak terasa memberatkan para rider,” kata Angga.

Bahkan menurut rider yang berboncengan yaitu Azwar bersama istri mengatakan bahwa tidak ada masalah dalam menerjang jalan perbukitan dan bekelok-kelok, apalagi didukung dengan twin subtank rear suspension mendukung pengendara yang berboncengan untuk merasakan kenyamanan lebih ketika melibas jalan dengan karakter yang beragam. Pukul 05.00 Wita para rider sampai di Mushola setempat untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah sebelum melanjutkan perjalanan menuju bukit mantar.

Selepas sholat subuh para rider melanjutkan perjalanan ke bukit mantar dengan kondisi jalan cukup gelap, namun lagi-lagi head lamp Honda ADV yang full LED membuat jalan menjadi terang. Keindahan pagi hari di Mantar sangat mengagumkan, sebelum terbitnya matahari kita dapat menikmati panorama awan di bawah bukit mantar yang membuat kita seolah-olah berdiri di atas awan. Kesempatan ini tentunya tidak disia-siakan oleh para rider untuk bersuafoto. Ada yang berfoto selfie sampai berfoto dengan kendaraannya. Kegagahan motor matic satu ini memang sangat cocok dengan spot panorama perbukitan yang tinggi menggambarkan petualangan para rider advanture.

Setelah puas menikmati suguhan matari terbit yang sangat mempesona, pukul 07.00 Wita para rider melanjutkan perjalanan menuju tujuan utama, yaitu mengitari Kota Sumbawa melalui jalur selatan Lunyuk. Perjalanan menuju jalur selatan pulau Sumbawa tidaklah mudah, mengingat kontur jalan yang beragam, kondisi cuaca yang tidak menentu, serta hambatan-hambatan lain yang sempat dirasakan oleh para rider Honda ADV 150 ini. Misalnya saja longsor yang sempat menutup beberapa titik jalan perbatasan antara Lunyuk dan KSB.

Baca Juga :  Sambut 2021, Honda NTB Persembahkan Program ‘JHOSS’

Longsoran lumpur yang menutup jalan membuat jalanan menjadi tidak rata serta licin. Beruntung Honda ADV memiliki ban dual purpose yang dapat mencengkram jalan tanah dengan sangat baik sehingga para rider dapat melewati beberapa titik longsor dengan cukup mudah dan selamat. “Sebenarnya jalan seperti inilah yang dapat membuktikan seberapa tangguh motor Honda ADV 150 yang dikenal memiliki dua alam lintasan yang tentunya membedakannya dengan motor matic lain di kelasnya” ungkap Ames yang merupakan Road Captain (RC) dalam perjalanan touring ini. Perjalanan melintasi jalur selatan pulau Sumbawa ini memakan waktu kurang lebih 11 jam perjalanan tentunya dengan istirahat yang kontinu pada setiap jam perjalanan.

Sepanjangn perjalanan para rider mengaku kagum dan bangga dengan motor Honda ADV 150 ini, selain nyaman, motor ini juga menjadi pusat perhatian ketika melintas maupun istirahat. Para rider sampai di Kabupaten Sumbawa Barat pada pukul 18.00 Wita, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Utan untuk beristirahat. Pada Senin, 28 Februari 2022 para rider meninggalkan pulau Sumbawa menuju Lombok.

“Alhamdulillah perjalanan kali ini diberikan kemudahan dan keselamatan sehingga tidak ada yang kurang sesuatu apapun sampai di rumah masing-masing kecuali rindu yang akan selalu tertinggal pada keindahan tanah SAMAWA,” tutup Ames. (luk)

Komentar Anda