Desa Diminta Bantu Program Pangan

Abdul Manan (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Untuk mewujudkan ketahanan pangan di Lombok Barat, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Lobar memiliki sejumlah program yang diusahakan untuk diwujudkan. Diantaranya adanya berbagai tanaman pangan semisal sayur di tiap pekarangan rumah warga. Sehingga ketika harga-harga komoditas pangan naik, warga tidak panik.

Kepala DKP Lobar Abdul Manan mengatakan, pihaknya pada tahun ini memprogramkan lima desa untuk pembuatan rumah pangan lestari dengan memanfaatkan kelompok perempuan atau juga TP PKK Desa. Namun jika melulu hanya mengandalkan anggaran terbatas dari DKP tentu agak sulit terwujud. “Kita ingin nanti di setiap rumah itu ada ditanam cabai, terong, pokoknya sayur. Nantinya juga kita harap ada hidroponiknya,” jelasnya.

[postingan number=3 tag=”lobar”]

Oleh karena itu dia meminta agar desa juga ikut menganggarkan di dalam ADD/DD pada APBDes-nya. Dengan demikian ada kebersamaan untuk mewujudkan itu. Diakuinya, untuk meminta desa menganggarkan pada APBDes tentu tidak gampang. Untuk itu, kedepan akan direncanakan akan dibuat Peraturan Bupati (Perbup) terkait penganggaran ketahanan pangan di desa. “Artinya nanti sekian persen akan dianggarkan untuk itu,” ungkapnya.

Kemudian dalam membentuk Perbup ini tentunya nanti berkoordinasi pula dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lobar serta Dinas Pertanian Lobar. “Untuk saat ini belum kita koordinasikan. Ke depan kita akan koordinasikan,” pungkasnya.(zul)