Cara Nissa Sabyan Membangkitkan Semangat Korban Gempa Lombok

Nissa Sabyan Hibur Masyarakat Sembalun

Nissa Sabyan
NISSA SABYAN: Artis religi yang sedang naik daun, Nissa Sabyan, hadir di Sembalun, Lotim, untuk menghibur warga Sembalun pascagempa. (NISSA SABYAN: Artis religi yang sedang naik daun, Nissa Sabyan, hadir di Sembalun, Lotim, untuk menghibur warga Sembalun pascagempa. (MUSTAAN SUARDI/RADAR LOMBOK))

Artis religi yang lagi naik daun, Nissa bersama Sabyan, mampu memberikan hiburan tersendiri bagi ribuan korban gempa bumi yang menimpa masyarakat di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Tak ayal anak-anak remaja sampai orang tua begitu menikmati alunan suara merdu Nissa, dan bernyanyi bersama seakan melupakan duka lara akibat ganasnya gempa yang mengguncang pulau Lombok beberapa waktu yang lalu.


ALI GAZALI/MUSTAAN SUARDI – LOMBOK TIMUR


KEPEDULIAN terhadap korban gempa Lombok seakan menembus semua lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Mulai dari kalangan masyarakat biasa, sampai ke pejabat tinggi negara, dan tidak ketinggalan para selebriti seperti artis maupun oalahragawan.

Salah satu group musik beraliran religi/gambus Sabyan juga peduli dengan gempa Lombok. Group ini yang sudah mulai dikenal publik karena sering membawakan lagulagu Islami ataupun sholawat nabi, baik yang menyanyikan ulang (cover) ataupun menyanyikan karya baru. Group musik beranggotakan beberapa orang alumni pesantren yang berkedudukan di Jakarta. Sampai saat ini sudah jutaan orang yang berlangganan di chanel Youtube-nya (Sabyan Official yang mulai mengunggah video sejak tahun 2017). 

Sabyan Gambus dibuat awalnya untuk acara-acara pernikahan, dengan personil terdiri Khairunnisa alias Nissa (Vokalis), Anisa Rahman (vocalis II), Ayus (Kibord), Kamal (gendang), Tebe (biola), dan Sofwan sebagai MC. Beberapa lagu sholawat yang populer dibawakan Nissa Sabyan seperti “Ya Maulana, Deen Assalam, Ya Jamalu, Law Kana Bainanal Habib, Ya Habibal Qolbi, Rahman Ya Rahman, Ya Asyiqol Mustafa, Ahmad Ya Habibi, Ya Taiba, Qomarun, Assallamualaika Ya Rasulollah, dan yang lainnya. Nissa Sabyan menjadi sosok gadis belia yang menjadi idola milenial saat ini, sehingga tak heran kehadirannya tanpa publikasi sangat mengagetkan fans mania Nissa yang ada di pulau Lombok.

Kehadiran Nissa bersama Sabyan di Sembalun berkat jasa dari para relawan yang bernama Gerak Barang Commonity (GBC). Dari GBC inilah Nissa bersama seluruh personil Sabyan dapat hadir di masyarakat Sembalun yang saat ini masih banyak yang tinggal di tenda pengungsian di lapangan Sembalun Bumbung. “Kehadiran Nissa bersama Sabyan Gambus adalah dalam rangka menghibur masyarakat korban gempa yang ada di sembalun dalam konsep Trauma Healling,” kata salah seorang relawan GBC asal Sembalun Awaludin.

Cerita rencana datangnya Nissa bersama Sabyan walau tanpa publikasi melalui media massa namun ternyata inpo dari mulut ke mulut dan dari jejaring sosial seakan menjadi magnit tersendiri sehingga seluruh warga dari semua kabupaten/kota di pulau Lombok datang ke Sembalun. Salah seorang warga dari Lombok Utara Ahmad Rizal mengaku setelah mendapat inpo dari anaknya melaui FB tentang kedatangan Nissa di Sembalun,serta merta anaknya merengek dan memaksa untuk dapat melihat langsung Nissa di Sembalun Lombok Utara.