Cara Mengatasi Keputihan

dr Yunita Hapsari,M.Sc.Sp.KK (Zulfahmi/Radar Lombok)

KEBERSIHAN area kewanitaan memang harus dijaga setiap hari dan harus diperhatikan oleh seorang perempuan. Wanita yang mengalami keputihan tentunya akan bisa sedikit mengganggu saat melakukan hubungan intim dengan pasangan. dr Yunita Hapsari,M.Sc.Sp.KK. dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Grha Ultima Medika Mataram berbagi tips menjaga are kewanitaan dari keputihan.

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan tidak menggunakan sabun antiseptik.  Karena penggunaan sabun antiseptik  akan menganggu kestabilan PH kewanitaan yang menyebabkan bakteri baik anda terganggu.” Lebih baik  tidak menggunakan  sabun antiseptik,” sarannya.

Usahakan saat mandi cukup membersihkan area vagina di luar-luar saja atau di area kewanitaan. Jangan  membersihkan sampai masuk dalam organ kewanitaan.” Membersihkannya cukup di luar  saja, jangan sampai ke dalam  organ,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Mengenal Gejala dan Penyakit Keputihan

Usahakan area vagina anda selalu kering sebelum menggunakan celana dalam. Sebab kalau menggunakan celana dalam dalam  kondisi masih basah akan bisa menyebabkan lembab pada area mis V.

Jangan menggunakan celana dalam yang lembab dan bahan tidak menyerap keringat. Bila perlu kalau ibu-ibu atau kaum perempuan ketika berada dalam rumah atau saat tidur tidak perlu menggunakan celana dalam. Dengan begitu kelembapan area mis V bisa tetap terjaga.” Kalau di dalam sekalian tidak usah pakai celana dalam,” sarannya.(ami)