Bupati Kukuhkan Koperasi Sopir Travel Senaru

DIKUKUHKAN: Bupati H Najmul Akhyar mengukuhkan pengurus koperasi Angkutan Rinjani Maju.

TANJUNGBupati Lombok Utara H Najmul Akhyar melantik sekaligus meresmikan Koperasi Angkutan Rinjani Maju di Desa Senaru Kecamatan Bayan, Rabu (22/2).

Koperasi yang bergerak dibidang angkutan merupakan penompang pariwisata di kawasan wisata Senaru diharapkan bisa memberikan kenyamanan pada pelayanan kepada para wisatawan. “Keperluan koperasi sangat penting sebagai untuk meningkatkan keraturan perekonomian di kawasan wisata Senaru. Dengan adanya koperasi ini, maka apa yang menjadi masukan para sopir bisa diakomodir untuk disampaikan ke pemerintah daerah,” ujar Bupati pada saat memberikan arahan.

Terbentuknya koperasi ini, akan mampu menciptakana iklim bisnis angkutan lebih baik dan terarah. Karena adanya koperasi ini banyak hal yang harus dilakukan untuk menaungi hajatan kebutuhan anggota. “Sudah banyak koperasi yang berdiri dan berhasil. Maka saya berharap koperasi ini yang diresmikan hari ini bisa sukses,” harapnya.

Baca Juga :  Kejati Lanjutkan Pemeriksaan Tersangka RSUD KLU

[postingan number=3 tag=”koperasi”]

Ia menyarankan, setelah terbentuknya koperasi ini maka diharapkan kepada anggota untuk bekerjasama dengan asuransi kesehatan, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa mendapatkan perlindungan secepatnya. Selain itu, harus membuat kesepakatan untuk memberikan pelayanan untuk kenyamanan para wisatawan.

Terkait tarif angkutan yang selama ini dikeluhkan. Pihaknya sudah bersurat ke TNGR perihal memprotes dan meminta untuk melakukan evaluasi untuk kenaikan tarif. Jika ini didorong bersama-sama maka kemungkinan besar usulan itu lebih besar pengaruhnya. “Sekitar dua minggu lalu, saya sudah bersurat ke TNGR mengenai kenaikan tarif,” terangnya.

Baca Juga :  Naikkan Harga Tiket, 10 Orang Diamankan di Pelabuhan Bangsal

Sementara itu, Ketua Koperasi Angkutan Rinjani Maju Ahmad Yani menyampaikan, terbentuknya koperasi melihat perkembangan pariwisata di Senaru membawa dampak perekonomian masyarakat yang sangat besar. Salah satunya jasa angkutan sebagai sarana pendukung kegiatan pariwisata tersebut.  “Tentu, memberikan dampak angka peningkatan kebutuhan transportasi dari tahun ke tahun. Dari dasar itulah tercetus untuk membentuk koperasi yang diharapkan bisa mengakomodir transportasi senaru. Dalam koperasi sudah 80 anggota yang bergabung,” jelasnya. (flo)