Amman Mineral Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut

AMNT FOR RADAR LOMBOK BAWAH LAUT: Peringatan HUT RI ke 74, para karywan Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut di perairan Teluk Benete.

MATARAM–Karywan Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut di perairan Teluk Benete, Sumbawa Barat. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di wilayah proyek Tambang Batu Hijau.

Pada kesempatan yang sama, para penyelam yang tergabung dalam Sumbawa Diving Club dan terdiri dari karyawan Amman Mineral dan mitra bisnis ini juga melakukan pemantauan terumbu karang buatan yang telah ditempatkan Amman Mineral di Teluk Benete.

“Melalui kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini kami ingin menunjukkan betapa Indonesia memiliki keindahan dan kekayaan laut yang harus selalu kita jaga dan lestarikan, termasuk beragam biota laut yang ada di dalamnya,” kata Anita Avianty, Head of Corporate Communications Amman Mineral, dalam keterangan pers yang diterima Radar Lombok, Minggu (18/8/2019).

Anita menambahkan bahwa Teluk Benete yang merupakan lokasi penyelaman adalah wilayah dimana Amman Mineral menempatkan terumbu karang buatan sebagai upaya untuk melakukan program konservasi laut. “Di sekitar Perairan Benete terdapat pelabuhan pengapalan khusus dan pelabuhan umum yang melayani para karyawan maupun penumpang umum. Penempatan terumbu karang buatan ini di perairan diharapkan akan membantu kelestarian terumbu karang yang ada di wilayah perairan,” tegas Anita.

Hingga saat ini Amman Mineral telah menempatkan lebih dari 2.000 terumbu karang buatan yang tersebar di beberapa lokasi perairan di Sumbawa Barat. Sebanyak 1.488 terumbu karang buatan telah ditempatkan di perairan Benete, sedangkan selebihnya disebar di Teluk Maluk, Teluk Lawar, dan Gili Kenawa. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa terumbu karang buatan telah dijadikan pemijahan, penempelan organisme laut, serta tempat berlindung dan mencari makan dari spesies-spesies ikan.

Selain upacara pengibaran bendera di bawah laut, Amman Mineral juga menyelenggarakan upacara bendera di Lapangan bola Townsite, Batu Hijau. Upacara dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba), Ir. Bambang Gatot Ariyono, M.M yang mengenakan sapu kepala dan kain adat Sumbawa diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari karyawan Amman Mineral dan mitra kerja yang mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Berbagai lomba juga telah digelar untuk menambah kemeriaahan peringatan HUT RI ke-74, seperti donor darah, fun run, dan berbagai macam pertandingan olah raga yang diikuti oleh para karyawan dan mitra bisnis Amman Mineral. (gt)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid