Membangun Kesejahteraan Jangka Panjang Melalui Komitmen K3 di Tambang Batu Hijau

Penandatanganan deklarasi gerakan anti narkoba untuk AMMAN Bebas Narkoba saat apel penutupan rangkaian peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)di Site Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rabu, 21 Februari 2024. (IST FOR RADAR LOMBOK)

TALIWANG–Menutup rangkaian peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), PT Amman Mineral Nusa Tenggara (“AMMAN”) menggelar apel penutupan pada Rabu, 21 Februari 2024 di Site Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Teknik Tambang (KTT) AMMAN, Wudi Raharjo, ini dihadiri oleh perwakilan karyawan dan mitra bisnis yang hadir secara langsung maupun daring. Dalam apel penutupan ini, turut diselenggarakan deklarasi gerakan anti narkoba, untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjaga kesejahteraan jangka panjang bagi para pekerjanya untuk AMMAN Bebas Narkoba.

“Bulan K3 ini merupakan momentum penting untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen terhadap kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan perusahaan. Selama satu bulan ini, AMMAN telah melaksanakan lebih dari 23 kegiatan strategis yang diikuti oleh 120 mitra bisnis dan 5.000 karyawan. Rangkaian kegiatan tersebut dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap AMMAN dalam menerapkan budaya K3 yang sehat dan selamat dalam bekerja,” papar Wudi.

“Bulan K3 ini menjadi bentuk aktualisasi pemberdayaan K3 di perusahaan. AMMAN telah menunjukkan komitmen dan tekad yang kuat untuk mewujudkan budaya keselamatan pertambangan yang unggul,” tambah Wudi.

Sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, AMMAN terus berupaya untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan kondusif bagi seluruh karyawan, serta mencegah terjadinya bahaya, cidera, dan Penyakit Akibat Kerja (PAK) pada karyawan. Fokus ini selaras dengan semangat AMMAN dalam memperingati Hari Pekerja Nasional yang jatuh pada Selasa, 20 Februari 2024 lalu. Berbagai pelatihan untuk mengembangkan pemahaman seluruh karyawan dan mitra bisnis dalam penerapan K3 terus dilakukan. Tidak hanya terbatas pada karyawan dan mitra bisnis, namun juga mencakup masyarakat di sekitar wilayah tambang.

Salah satunya adalah kegiatan ‘Seminar Food Hygiene: Keselamatan Pangan sebagai Pendorong Kinerja Karyawan”. Seminar yang diikuti puluhan UMKM, perwakilan Koperasi KATALA Batu Hijau, dan Ikatan Keluarga Amman Mineral Nusa Tenggara (IKANURA) ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat lingkar tambang akan pentingnya mencegah pangan dari cemaran yang membahayakan kesehatan manusia.

Selain itu, AMMAN juga turut mengundang Dr. dr. Yusra Pintaningrum, SpJP(K), FIHA, FAPSC, FasCC, Dokter Spesialis Jantung Rumah Sakit Risa Sentra Medika Mataram, sebagai pembicara dalam ‘Health Talk: Hentikan Rokok, Sayangi Jantung Anda’. AMMAN juga mempromosikan budaya K3 lewat seminar “Off the Job Safety: Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Berkendara” yang mengajak masyarakat lingkar tambang meningkatkan kesadaran berkendara dengan aman.

Sosialiasi ini diberikan kepada pengendara sepeda motor di Pasar Maluk, KSB dan para pelajar SMKN 1 Maluk.

“Dalam melakukan pemantauan dan evaluasi, AMMAN setiap bulan melaksanakan Safety Committee Site Wide untuk mengukur pencapaian K3 selama sebulan, sekaligus memetakan area pengembangan yang dibutuhkan.” tutup Wudi.

Dalam Bulan K3 Nasional tahun ini, AMMAN juga memberikan penghargaan kepada sejumlah karyawan dan mitra bisnis yang dinilai berprestasi serta memiliki rekam jejak baik terkait pemenuhan K3 di area kerja. (RL/ADV)

Komentar Anda