Airlangga: UMKM Digital Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

Airlangga Hartarto

JAKARTA–Pemerintah Jokowi-Ma’ruf berkomitmen untuk mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melek digital. Sebab pertumbuhan UMKM digital, diyakini akan ikut berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah memandang UMKM digital sebagai kunci pemulihan ekonomi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Percepatan Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia di Masa Pandemi, Rabu (28/4/2021), seperti dikutip dari laman beritagolkar.com.

Menko Airlangga menyebut, untuk mendorong pelaku UMKM untuk on board ke platform digital bisa dimulai melalui program Bangga Buatan Indonesia. Di mana, hingga tahun 2020 sudah terdapat 11,7 juta UMKM onboarding dan diharapkan di tahun 2030 jumlah UMKM yang go digital mampu menembus 30 juta.

BACA JUGA :  Airlangga: Kerja Sama Pemerintah dengan ICRC untuk Vaksinasi di 3T

Selanjutnya, di dalam pengembangan ekonomi digital Pemerintah juga telah menyiapkan beberapa strategi. Strategi ini akan memanfaatkan tiga pilar.

Pertama fondasi ekonomi untuk wujudkan ekonomi digital yang terdepan, kedua mendorong inklusivitas, dan ketiga mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Pemerintah juga akan memberi dukungan dalam pembangunan infrastruktur digital, untuk menciptakan iklim inovasi yang baik.

BACA JUGA :  Menko Airlangga: Pelajar adalah Pelopor Sekaligus Agen Perubahan

Undang-Undang Cipta Kerja juga akan mengakomodasi upaya pengembangan ekonomi digital, antara lain melalui pengaturan tentang perluasan pembangunan infrastruktur broadband, tarif batas atas dan bawah untuk melindungi kepentingan masyarakat dan persaingan usaha yang sehat.

“Tentu persaingan usaha yang sehat ini akan mendorong peran KPPU agar lebih aktif dan memonitor perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan khususnya e-commerce,” jelasnya. (*/gt)