Air Bah dari Gunung Picu Peningkatan Debit Sungai Meninting, Warga Cemas

Debit air Sungai Meninting di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat meningkat drastis akibat hujan lebat, Jumat (17/6/2022). (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG–Debit air Sungai Meninting di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat meningkat drastis akibat hujan lebat, Jumat (17/6/2022).

Kapolsek Gunungsari AKP Agus Eka Artha Sudjana mengatakan peningkatan debit air tersebut disebabkan derasnya hujan yang terjadi dari siang hingga sore di atas pegunungan Desa Bukit Tinggi hingga menyebabkan peningkatan debit air pada Sungai Meninting hingga aliran sungai yang dialiri mengalami peningkatan yang menyebabkan kecemasan pada warga.

BACA JUGA :  Rehabilitasi Bendungan Sape, Pemprov NTB Selamatkan 2.650 Hektare Sawah

“Sekira pada pukul 17.30 WITA sempat terjadi luapan air sungai akibat sampah yang dibawa oleh air hingga membuat tersumbatnya pada saluran air, namun segera diatasi oleh persone Polsek dan warga hingga membuat aliran sungai kembali lancar,” ujarnya.

Adapun sungai atau kali yang mengalami peningkatan debit air di wilayah Kecamatan Gunungsari akibat derasnya hujan di pegunungan antara lain yakni Desa Jatisela, Desa Mambalan, Desa Ranjok, Desa Tamansari, Desa Penimbung, Desa Kekeri, Desa Gunungsari, Desa Mekarsari dan Desa Kekait.

BACA JUGA :  Air Bah dari Gunung Picu Jebolnya Tanggul Bendungan Meninting, Tiga Alat Berat Hanyut

“Untuk sementara situasi wilayah Gunungsari dalam keadaan aman dan kondusif serta debit air pada sungai- sungai aliran dari Sungai Meninting sudah mengalami penyurutan dan sampai saat ini person Polsek masih siaga melihat perkembangan situasi,” tutupnya. (RL)