551 Mahasiswa NTB Dapat Beasiswa Luar Negeri

SELEKSI BEASISWA : Kepala Divisi Kerjasama LPP NTB Imanuela Andilolo bersama Kasi PTP Dinas Dikbud Provinsi NTB, Ahmad Muslim. (IST/ RADAR LOMBOK)

MATARAM – Salah satu program untuk mewujudkan misi NTB Sehat dan Cerdas adalah Program 1000 Cendekia melalui pemberian beasiswa bagi anak-anak muda NTB. Sejak program ini berlangsung mahasiswa yang mendapatkan beasiswa NTB Luar Negeri periode 2019-2020 sebanyak 551 orang.

“Ada 500 mahasiswa yang sudah keluar negeri untuk melanjutkan kuliah sepanjang tahun 2019-2020,” sebut Kepala Seksi Penyelenggara Tugas Perbantuan (PTP) Dinas Dikbud Provinsi NTB Ahmad Muslim.

Dikatakannya, tujuan program 1000 cendekia adalah untuk untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi luar negeri bagi peserta didik yang berprestasi secara akademik maupun nonakademik. Selain itu meningkatkan prestasi dan motivasi belajar bagi masyarakat NTB melalui program pengembangan diri keluar negeri, menjamin keberlangsungan belajar mahasiswa sampai selesai. Selanjutnya, Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang akademik dan non akademik; dan menghasilkan lulusan yang mandiri, produktíf dan memliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya mewujudkan NTB sehat dan cerdas.

“Program 1000 Cendekia dijalankan oleh lembaga mitra sesuai dengan ketentuan yang ada dalam hal ini adalah LPP,” kata Muslim.

Dijelaskan Muslim, lembaga mitra telah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak seperti Scholarship Collaboration Award Australia, termasuk pemerintah lokal mereka Northern Territory yang sudah mulai dengan program pelatihan, USAID, pemerintah China yang sudah memberikan beasiswa full dan parsial, Polandia yang sudah jauh-jauh hari sebagai negara pertama yang menjadi milestone anak-anak NTB ke luar negeri untuk studi melalui Beasiswa NTB, Taiwan, Malaysia dan masih banyak negara lain yang mulai menawarkan kesempatan belajar di negara mereka.

Program Beasiswa NTB Luar Negeri terbagi menjadi 3 jenis antara lain, kategori A beasiswa NTB yang dibiayai secara penuh. Komponen yang dibiayai pada kategori ini yakni, Tuition Fee, Living Allowance (LA), Application Fee, Health Insurance dan Flight (Round Trip). Selanjutnya Kategori B, beasiswa dibiayai sebagian, komponen yang dibiayai oleh LPP NTB diantaranya, Application Fee, Visa Application Fee dan Flight. Komponen lainnya bisa dibiayai oleh orang tua/wali. Sedangkan untuk Kategori C, merupakan beasiswa NTB untuk short course, Internship dan program pengembangan yang pendanaannya bisa partikal funded atau fully funded.

Program 1000 cendekia atau program beasiswa NTB luar negeri pada tahun 2020 sudah selesai melaksanakan seleksi beasiswa tahap I tahun 2020, dengan tujuan negara yaitu Polandia, Malaysia, Rusia, Ceko, dan China.

“Saat ini sedang diadakan seleksi beasiswa NTB tahap II 2020. Target jumlah awardee beasiswa NTB luar negeri yang akan memulai studi pada tahun 2020 sebanyak 150 orang,” sebutnya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaSelesaikan Sengketa Lahan KEK Mandalika, Tim Independen Dibentuk
Berita berikutnyaInvestor Jembatan Lombok-Sumbawa Belum Ada Kepastian