Wagub Langsung Pungut Sampah di Pantai Loang Baloq

AKSI BERSIH: Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd membuka kegiatan aksi bersih pantai sebagai rangkaian HUT RI ke-74 dan Hari Maritim Nasional ke-56, di pantai Loang Baloq, Minggu (15/9/2019) (hms for radarlombok.co.id)

MATARAM—Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd, membuka kegiatan aksi bersih pantai, sebagai rangkaian HUT RI ke-74, dan Hari Maritim Nasional ke-56, di Pantai Loang Baloq, Minggu (15/9/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Gelegar Pemuda Satu Negeri ini, merupakan kegiatan Nasional yang terselenggara di 24 Provinsi di Indonesia. Dimana untuk di NTB, kegiatan ini terbagi menjadi dua kegiatan utama, yakni Gerakan Bersih dan Edukasi.

Kesempatan tersebut, Wagub menyampaikan bahwa aksi bersih pantau menjadi satu bagian yang sangat penting dalam mewujudkan masa depan NTB dan Indonesia. NTB memiliki laut yang begitu indah. Dimana pulau Lombok dan Sumbawa dikenal dengan keindahan alam terindah di dunia.

“Adik-adik semua, sebagai hamba Allah yang pandai bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, maka kita harus menjaganya, dan harus memeliharanya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” pinta Rohmi dihadapan para peserta aksi bersih pantai.

Lebih lanjut disampaikan, sampah harus dibuang pada tempatnya, dan dikelola dengan baik. Terutama sampah plastik, jangan sampai mencemari sungai-sungai. Apalagi Indonesia saat ini merupakan penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia.

“Kita harusnya sedih, sampah plastik yang masuk ke laut, kemudian dimakan oleh ikan, dan setelah itu ikannya kita makan. Makanya tidak heran jika kita terpapar mikro plastik. Hal itu terjadi karena ulah kita semua,” tegas Rohmi.

Di akhir sambutan, Rohmi juga mengajak semua peserta untuk terus mengkampanyekan kegiatan bersih-bersih mulai dari lingkup terkecil, yaitu diri kita sendiri, keluarga, sekolah, dan orang-orang terdekat di sekitar kita.

“Insya Allah semua yang kita cita-citakan akan terwujud jika berjuang bersama-sama. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, walaupun sedikit kita dapat memberikan manfaat dan contoh bagi lingkungan kita,” harap Rohmi.

Sementara Wahyu Laily Romdhani, S.T, selaku koordinator Gelegar Pemuda 1 Negeri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Termasuk dinas-dinas yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan Aksi Bersih Pantai. “Sebelum kegiatan ini dimulai, kami sudah memberikan edukasi di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, yang diikuti oleh 200 peserta,” jelas Wahyu.

Usai sambutan, Wagub dengan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Asisten III Setdaprov NTB, dan Kepala Biro Umum Pemprov NTB, menyusuri tiap sudut pantai Loang Baloq untuk memungut sampah-sampah plastik yang banyak berserakan.

Tak lupa, Wagub juga menyosialisasikan kepada para pedagang dan masyarakat sekitar, untuk mengumpulkan sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang kedalam botol mineral, atau yang biasa disebut ecobrick. Karena semua sumber daya dapat bernilai ekonomis, selama di pilah dan dikelola dengan baik. (hms/sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid