Tour de IKN Targetkan 1.000 Peserta Kenalkan Kota Nusantara

SEPEDA: Lomba sepeda yang pernah diadakan di Provinsi Kalimantan Timur. (ANTARA/HO)

PENAJAM (ANTARA)–Kepolisian Daerah Kalimantan Timur akan menggelar lomba balap sepeda Tour de IKN sebagai rangkaian HUT ke-77 Bhayangkara yang ditargetkan diikuti 1.000 peserta, sekaligus untuk memperkenalkan ibu kota negara Indonesia baru bernama Nusantara.

“Untuk memeriahkan hari ulang tahun Bhayangkara, kami akan mengadakan lomba balap sepeda pada 26 Juni,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Sonny Irawan, sebagai penanggung jawab Tour de IKN di Penajam, Senin.

Lomba yang digagas Kapolda Kaltim Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Imam Sugianto bertajuk Gowes Balsam Tour de IKN tersebut bakal melintasi jalan Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 125 kilometer.

Baca Juga :  Lippo Group Pastikan Berkontribusi Bangun Ibu Kota Nusantara

Tour de IKN menargetkan 1.000 peserta, terbagi menjadi 400 peserta kompetisi dengan kategori lomba Men Elite, Women Open, Men Junior, Men Master A, B, dan C, serta 600 peserta non-kompetisi.

Selain untuk memeriahkan HUT Bhayangkara, lomba tersebut juga ditujukan untuk memperkenalkan Kota Nusantara sebagai ibu kota negara Indonesia yang dibangun pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

“Kepolisian ingin menggelorakan semangat kepada masyarakat untuk dukung pembangunan ibu kota negara Indonesia yang saat ini sedang berjalan,” katanya lagi.

Baca Juga :  OIKN Tawarkan Proyek Pembuatan Kebun Raya di IKN Nusantara

Lomba tersebut akan dimulai dari Kota Balikpapan melintasi Kabupaten Kutai Kartanegara dan berakhir di Kota Samarinda. Di lokasi finis akan disiapkan miniatur lengkap dan ditayangkan film menyangkut proses persiapan hingga pembangunan ibu kota Indonesia baru itu.

Kepolisian bakal melakukan penutupan dan pengalihan jalan yang dijadikan jalur Tour de IKN untuk keselamatan peserta dan pengendara kendaraan, serta kelancaran lomba dan arus lalu lintas.

Selain memperkenalkan Kota Nusantara, Tour de IKN juga diharapkan mampu meningkatkan prestasi atlet balap sepeda khususnya yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. (Nyaman Bagus Purwaniawan/Eka Arifa Rusqiyati)

Komentar Anda