Tahapan Pilkada 2024 Resmi Dimulai

Agus Hilman (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024, telah resmi dimulai. Pengumuman itu disampaikan Komisioner KPU Provinsi NTB, Agus Hilman, Rabu kemarin (30/1).

Menurut Hilman, hal tersebut tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024, tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024.

Dengan demikian, mulai saat ini KPU secara bersamaan mulai mengelola dua tahapan, yakni tahapan Pemilu dan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak dalam tahun yang sama, dan pertama dalam sejarah kepemiluan di Indonesia.

“Tentu ini menjadi tantangan bagi KPU, khususnya KPU Provinsi NTB yang berarti akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di sepuluh kabupaten/kota di NTB,” terangnya.

Baca Juga :  Ombudsman Temukan Dugaan Maladministrasi Penerbitan Sertifikat Tanah

Dalam PKPU tersebut, tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024, dimulai pada tanggal 26 Januari 2024 lalu. Sementara hari pemungutan suara dilakukan pada hari Rabu, 27 November 2024, dan pendaftaran pasangan calon dimulai pada 27 sampai dengan tanggal 29 Agustus 2024.

Selanjutnya untuk kampanye dijadwalkan mulai tanggal 25 September sampai tanggal 23 November 2024, atau kurang lebih selama dua bulan.

Secara umum, tahapan penyelenggaraan pemilihan terdiri atas tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Pada tahapan persiapan meliputi perencanaan program sampai pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. “Sementara tahapan penyelenggaraan pemilihan meliputi pengumuman pendaftaran pasangan calon sampai tahapan pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih,” tandasnya.

Baca Juga :  Jalan Menuju Kawasan Proyek Kereta Gantung akan Dilebarkan

Untuk mengantisipasi situasi itu, Hilman mengatakan bahwa pihaknya di internal telah memiliki sejumlah skenario agar pelaksanaan dua agenda pesta demokrasi lima tahunan ini bisa berlangsung dengan aman, lancar dan berintegritas, khususnya di NTB.

Dari sisi kesiapan anggaran untuk melaksanakan Pilkada serentak di NTB yang akan jatuh 27 November 2024, dipastikan sangat siap. Sebab, alokasi anggaran Pilgub 2024 sudah disepakati oleh Pemprov NTB bersama DPRD sebesar Rp138 miliar. “Dari sisi anggaran kita sudah siap,” lugasnya. (yan)

Komentar Anda