Ribuan Bibit Ikan Dilepas di Bendungan Telaga Lebur

IKAN : Warga mengisi waktu senggang dengan mancing di Bendungan Telaga Lebur Sekotong belum lama ini. Di bendungan ini kemarin berlangsung pelepasan ribuan bibit ikan (Rasinah Abdul Igit/ Radar Lombok)

GIRI MENANG-Komunitas Wartawan Senior bersama Pegiat Komunikasi NTB melakukan pelepasan 7 ribu bibit ikan di Bendungan Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong, Minggu (9/10). Hadir dalam kegiatan ini sejumlah wartawan senior diantaranya Bochri Rachman dan Nasrudin Zain. Lalu ada Wakil Ketua DPRD NTB H. Mahally Fikri, pegiat komunikasi NTB Mahfud Ahmad, perangkat desa setempat dan undangan lainnya.

Bibit ikan yang dilepas terdiri dari 6 ribu bibit Nila dan seribu bibit Lele. “ Hingga saat ini gerakan sejuta bibit ikan yang diinisiasi wartawan senior bersama pegiat komunikasi telah menebar 65 ribu bibit ikan di enam lokasi,” ungkap Rachman kepada koran ini.

Lokasi lain tempat pelepasan bibit ikan diantaranya Waduk Muncan Lombok Tengah sebanyak 9 ribu ekor, Dam Pengge Lombok Tengah 35 ribu ekor, Sungai Jangkuk Mataram 6 ribu ekor, Sungai Dodokan Jembatan Kembar Lombok Barat 4 ribu ekor dan Sungai Meninting Batulayar Lombok Barat 4 ribu ekor.

Gerakan ini terang Rachman, merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Diyakini bibit ikan yang dilepas nantinya dalam jangka panjang akan bermanfaat untuk masyarakat. Masyarakat sekitar pun diharapkan tetap menjaga sungai atau embung tempat bibit dilepas. “ Gerakan ini nantinya tidak hanya kita lakukan di Pulau Lombok, tetapi juga di Pulau Sumbawa,” terangnya.

Mahfud Ahmad mengatakan, selaku pansiunan ASN dirinya sangat mendukung kegiatan ini. Karena ke depan bibit ikan yang disebar akan sangat bermanfaat untuk warga sekitar. Dia pun mengharapkan agar kegiatan ini bisa dilakukan pula oleh semua pihak.

Diterangkannya, untuk pembelian bibit ikan didukung oleh donatur tidak hanya dari NTB, melainkan juga Jakarta, Aceh, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan. Bahkan ada pelajar yang menyisihkan uang belanjanya untuk bisa menyumbang.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD NTB H. Mahally Fikri menambahkan, kegiatan ini sangat positif dan ini adalah gerakan nyata untuk menambah populasi ikan. Dia pun mengharapkan kepada pemerintah agar tidak hanya getol mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan. Tetapi diharapkan juga melakukan kegiatan yang sama seperti apa yang dilakukan komunitas ini.(zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid