PLN UIW NTB Siapkan Pasokan Listrik Terbaik untuk MXGP 2024

KESIAPAN PASOKAN LISTRIK: General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, melakukan pengecekan kesiapan untuk pasokan listrik MXGP 2024 di Sirkuit Selaparang Mataram, Rabu (26/6/2024).

MATARAM–Untuk mendukung pelaksanaan kejuaraan dunia motocross MXGP 2024 yang akan berlangsung pada 30 Juni dan 7 Juli 2024 di Lombok, PLN Unit Induk Wilayah NTB telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan pasokan listrik yang memadai.

Saat ini, pembangkit listrik berada dalam kondisi operasi normal dengan kapasitas daya yang cukup. Selain itu, sistem transmisi dan distribusi juga beroperasi dengan baik, menjamin kelancaran pasokan listrik selama acara berlangsung.

PLN UIW NTB telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan keandalan pasokan listrik, termasuk melakukan asesmen dan pemeliharaan preventif pada instalasi pembangkit, transmisi, dan distribusi. PLN UIW NTB juga telah menyiapkan cadangan material distribusi utama untuk mengatasi kondisi darurat.

“Kami telah menyiapkan posko siaga di setiap unit operasional yang dilengkapi dengan personel, perlengkapan pasokan backup, peralatan kerja, serta sistem komunikasi yang memadai. Semua ini dilakukan untuk memastikan kelistrikan berjalan lancar tanpa hambatan selama gelaran balapan berlangsung,” jelas General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, Rabu (26/6/2024).

Dijelasakan, terdapat 18 titik prioritas venue pengamanan pasokan listrik dan 69 lokasi objek vital (Obvit) selama periode SIAGA MXGP tahun 2024. Setiap unit operasional juga telah menyiapkan posko siaga yang dilengkapi dengan personel, perlengkapan pasokan backup, peralatan kerja, SOP, dan komunikasi dasar.

Baca Juga :  Sambut Seri Perdana MXGP di Lombok, PLN Siap Suplai Listrik Tanpa Kedip

Masa siaga ditetapkan dari H-3 hingga H+1, yaitu mulai tanggal 26 Juni hingga 8 Juli 2024, dan dilakukan pembatasan terhadap pekerjaan terencana yang berpotensi mengganggu keamanan pasokan tenaga listrik, kecuali dalam kondisi darurat atau perbaikan kerusakan peralatan yang jika tidak diperbaiki akan mempengaruhi keandalan.

Sudjarwo juga menjelaskan bahwa Sistem Lombok periode event MXGP tanggal 26 Juni hingga 8 Juli 2024, dalam kondisi normal. Prognosa selama periode hari-H siaga MXGP 30 Juni 2024 dengan daya mampu pasok tertinggi sebesar 360,75 MW, beban puncak tertinggi sebesar 308,75 MW, dan cadangan operasi 30,4 MW.

Selain itu, untuk mendukung keandalan pasokan listrik selama gelaran berlangsung, PLN telah menyiapkan 73 posko siaga pendukung dengan 61 orang petugas piket, petugas posko pendukung PLN sebanyak 361 orang, jumlah TAD 486 orang, UPS 7 unit, UGB 4 unit, Genset 2 unit, ATS 6 unit, PHBTR 18 unit, Crane 2 unit, Kendaraan Roda 4 sebanyak 47 unit, dan Kendaraan Roda 2 sebanyak 12 unit.

Baca Juga :  PLN Dukung Hilirisasi untuk Wujudkan Ekosistem Industri EV Tanah Air

Kondisi kesiapan energi primer baik di sistem Lombok maupun sistem Tambora dalam kondisi aman. Untuk memitigasi kondisi cuaca ekstrem yang mempengaruhi pasokan energi primer, PLN melakukan koordinasi intensif dengan seluruh stakeholder pemasok energi primer seperti PLN EPI, Pertamina, PLN BBN, dan lainnya yang terkait.

Dengan berbagai persiapan dan langkah mitigasi yang telah dilakukan, PLN UIW NTB optimis dapat mendukung penuh pelaksanaan Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2024 dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta dan penonton.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik demi suksesnya Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2024. Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari seluruh tim, kami yakin dapat menjaga keandalan pasokan listrik selama event berlangsung. Kami berharap semua pihak dapat menikmati kejuaraan ini,” tutup Sudjarwo. (rl)

Komentar Anda