PLN Siap Pasok Listrik Andal untuk MXGP 2024 di Sirkuit Selaparang

SIRKUIT SELAPARANG: Mendukung event MXGP 2024 di Sirkuit Selaparang Mataram, 29-30 Juni dan 6-7 Juli 2024, PT PLN UIW NTB menyatakan kesiapan penuh dalam memasok listrik andal.

MATARAM—PT PLN (Persero) menyatakan kesiapan penuh dalam memasok listrik andal guna mendukung penyelenggaraan MXGP 2024 di Lombok pada tanggal 29-30 Juni dan 6-7 Juli 2024. Pernyataan ini disampaikan oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat, Sudjarwo, dalam acara Apel Siaga Kesiapan Kelistrikan MXGP 2024 yang berlangsung di eks Bandara Selaparang Mataram.

Sudjarwo menjelaskan bahwa PLN telah melakukan berbagai langkah untuk memastikan pasokan listrik tetap andal selama event internasional tersebut. Beberapa langkah tersebut antara lain pembatasan terhadap pekerjaan terencana yang berpotensi mengganggu keamanan pasokan tenaga listrik, penyiapan 18 titik prioritas venue pengamanan pasokan listrik, serta 69 lokasi objek vital (obvit) selama periode SIAGA MXGP 2024.

Selain itu, setiap unit operasional telah menyiapkan posko siaga yang dilengkapi dengan personel, perlengkapan pasokan backup, peralatan kerja, SOP, dan komunikasi dasar. “Sistem Lombok dalam kondisi normal selama periode event MXGP dari 26 Juni hingga 8 Juli 2024. Prognosa selama periode hari-H siaga MXGP 30 Juni 2024 menunjukkan daya mampu pasok tertinggi sebesar 360,75 MW, dengan beban puncak tertinggi sebesar 308,75 MW, dan cadangan operasi sebesar 30,4 MW,” kata Sudjarwo.

Baca Juga :  Tingkatkan Kepedulian Masyarakat, PLN Sosialisasi Bahaya Listrik

Untuk mendukung keandalan pasokan listrik selama gelaran berlangsung, PLN telah menyiapkan 73 posko siaga pendukung dengan 61 petugas piket. Selain itu, PLN juga mengerahkan 361 petugas posko pendukung, 486 Tenaga Teknis, serta menyiapkan 7 unit UPS, 4 unit UGB, 2 unit Genset, 6 unit ATS, 18 unit PHBTR, 2 unit Crane, 47 unit Kendaraan Roda 4, dan 12 unit Kendaraan Roda 2.

Peran personel pelayanan gangguan dalam kegiatan internasional ini sangat penting untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik dan tidak terganggu. Sudjarwo menegaskan bahwa keterampilan personel PLN dalam menjalankan tugas selama gelaran MXGP 2024 telah dilatih dengan baik, sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik.

Pada area sirkuit MXGP 2024 ini ada beberapa lokasi vital antara lain, Paddock, Pitlane, Skybox, Bike Wash dan Refresment, Media Center, Medical Center dan FIM Office, Dapur VIP, AP Long & Bea Cukai, UMKM 1-3, dan TV Compound dimana telah ditempatkan petugas yang siap siaga.

Baca Juga :  Dirut PLN Dianugerahi The Most Reputable CEO in Digital Platform

Di akhir acara, Sudjarwo mengingatkan seluruh petugas untuk selalu memprioritaskan keselamatan kerja dalam setiap aktivitas selama gelaran MXGP 2024. “Tetap prioritaskan K3 dalam setiap aktivitas, semoga apa yang sudah kita persiapkan diberikan kemudahan dan kelancaran,” kata Sudjarwo.

Dengan kegiatan Apel Siaga ini diharapkan agar pengamanan pasokan tenaga listrik pada event MXGP 2024 di Lombok dapat berjalan lancar dan sukses. PLN juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Lombok untuk mendukung kesuksesan MXGP 2024 selama 2 seri di Lombok. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam mendukung gelaran MXGP 2024 di Lombok. Mari bersama-sama kita sukseskan MXGP 2024 dengan listrik yang andal dan stabil,” pungkas Sudjarwo. (rl)

Komentar Anda