Pengumuman Hasil SKD CPNS Pemprov Molor

Muhammad Nasir (Faisal Haris/Radar Lombok )

MATARAM – Pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2021 dipastikan molor. Meski sebelumnya direncanakan akan diumumkan pada awal November 2021. “Kalau untuk kabupaten kota sudah ada pengumuman (hasil SKD). Tapi kalau untuk Pemprov belum. Sebelumnya kita dijanjikan minggu pertama bulan November ini,” ungkap Kepala BKD Provinsi NTB, Muhammad Nasir saat ditemui di kantor gubernur, Selasa (2/11).

Setelah adanya pengumuman dari pemerintah pusat, sambung Nasir, baru pihaknya akan mengumumkan di daerah. Kemudian berselang sepuluh hari pihaknya diberikan waktu untuk menentukan tiga peserta yang memenuhi syarat mengikuti tahap selanjutnya untuk ditentukan lokasi mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Karena bagi pelamar yang berasal dari luar NTB diperbolehkan mengikuti tes dari Kantor UPT BKN daerah asal. “Penentuan titik loksi untuk semua CPNS yang berhasil melanjutkan tahapan seleksi. Untuk titik lokasi bisa mengikuti di daerah masing-masing. Boleh juga datang ke NTB bagi peserta yang berasal dari luar NTB,” terangnya.

BACA JUGA :  Polwan Cantik dan Berprestasi Asal Lotim Ini Dimutasi ke Polda Metro Jaya

Meski belum diumumkan, Nasir menyebutkan dari jumlah peserta yang mengikuti SKD di lingkup Pemprov NTB cukup banyak yang memenuhi passing grade. Namun pelamar yang memenuhi passing grade belum menjamin bisa ikut SKB karena akan dilakukan peringkingan dari nilai tertinggi. Pasalnya, dalam setiap formasi, nantinya akan dirangking tiga pelamar yang memperoleh nilai tertinggi. “Cukup banyak yang memenuhi passing grade. Mungkin lebih dari sepertiga dari peserta yang hadir ikut SKD,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari Surat BKN Nomor 13515/B-KS.04.01/SD/K/2021 perihal lanjutan Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK nonguru tahun 2021. Disebutkan bahwa pengolahan nilai SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK nonguru mulai 1-3 November. Kemudian rekonsiliasi hasil SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK nonguru, 4-6 November. Selanjutnya validasi hasil SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK nonguru 5-8 November.

BACA JUGA :  Gubernur NTB: Presiden Jokowi Direncanakan Saksikan Asia Talent Cup

Sedangkan pengumuman hasil SKD dan seleksi kompetensi PPPK nonguru dijadwalkan 13 -14 November. Sementara untuk pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadwalkan 22 November.

Seperti diketahui, sejak dimulainya tes SKD di lingkup Pemprov yang dilaksanakan di Kantor BKD Provinsi NTB pada pada 23 September sampai 19 Oktober 2022. Tercatat jumlah peserta pelamar CPNS yang hadir sebanyak 7.166 orang. Sedangkan peserta yang tidak hadir dan langsung dinyatakan gugur sebanyak 677 orang. Dari jumlah peserta yang dijadwalkan mengikuti tes SKD Pemprov NTB tahun 2021 sebanyak 7.843 orang.

Sementara pada 2021, Pemprov NTB mendapatkan jatah sebanyak 4.865 formasi CPNS dan PPPK. Dengan rincian 4.443 formasi guru PPPK dan 422 formasi CPNS. Sebanyak 422 formasi CPNS tersebut terdiri dari 271 formasi tenaga kesehatan dan 151 formasi tenaga teknis. (sal)