Pemprov NTB Sabet 3 Top Digital Award 2023

TIGA PENGHARGAAN: Mewakili Pj Gubernur NTB, Kepala Dinas Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos. MM, menerima penghargaan 3 Top Digital Award 2023, yang masing-masing diraih Pemprov NTB, Kepala Diskominfotik NTB, dan Diskominfotik NTB, Senin (4/12). (IST/RADAR LOMBOK)

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB berhasil menyabet 3 Top Digital Award 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah ItWorks, bekerjasama dengan sejumlah asosiasi IT & TELCO Indonesia, bertemakan “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services”, yang berlangsung di Dian Ballroom, Raffles Hotel Jakarta, Senin (4/12).

TOP DIGITAL Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada Perusahaan dan Instansi Pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi, dan daya saing bisnisnya serta layanan kepada masyarakat maupun konsumennya.

Adapun penghargaan yang diraih oleh Provinsi NTB, yaitu Top Leader On Digital Implementation 2023, yang diraih oleh Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si. selanjutnya Top CIO On Digital Implementation 2023, yang diraih oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos. MM, dan Top Digital Implementation 2023 #Star 4, yang diraih oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs H Lalu Gita Ariadi, M.Si, yang diwakili oleh Kepala Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos. MM, mengatakan bahwa dukungan dan sinergitas seluruh stakeholder, telah membuat Provinsi NTB mampu meraih 3 Top Digital Award 2023.

Baca Juga :  Pengklaim Lahan KEK Mandalika Keok

“Alhamdulillah, dukungan regulasi yang lengkap dari Perda dan Pergub terkait komitmen kebijakan pimpinan Pemprov NTB dalam mendukung transformasi digital, sehingga membuat Drs H Lalu Gita Ariadi, M.Si, Penjabat Gubernur NTB mendapatkan Top Leader Digital Award 2023,” ungkap Doktor Najam.

Tahapan TOP DIGITAL Awards 2023, meliputi Pengembalian Form Finalis, Wawancara Penjurian pada tanggal 6 Oktober 2023, dilanjutkan dengan Wawancara Penjurian Finalis secara daring pada tanggal 18 September 2023 sampai dengan 20 Oktober 2023, disusul dengan Sidang Dewan Juri untuk Penentuan Peraih Penghargaan pada tanggal 21 Oktober 2023 dan Webinar TOP DIGITAL Awards 2023 pada Rabu, 22 November 2023.

Doktor Najam selaku Kepala Dinas Kominfotik NTB, telah mempresentasikan upaya yang dilakukan Pemprov NTB dihadapan tim dewan juri yang berasal dari Tim penilai dan pakar yang berasal dari berbagai kalangan.

Di antaranya ada Juri Kehormatan Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA – Pakar TI/APTIKOM, dan Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng. – Dewan Pengawas IDPRO. Ketua Dewan Juri tahun ini dipegang Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, Q. N. SSi, S.Kom – Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Baca Juga :  Proyek Gedung TES Tsunami Disebut tak Ada Masalah

Khusus untuk penghargaan yang diraih Dinas Kominfotik NTB dan Kepala Dinas Kominfotik NTB, semua itu terjadi berkat kekompakan dan kinerja yang maksimal dari seluruh awak Dinas Kominfotik NTB. Selain itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos. MM, berhasil membawa Dinas Kominfotik dalam 3 tahun masa pengkhidmatannya sejak 2021, menjadi tim yang kuat, solid dan kolaboratif.

“Alhamdulillah, bersama kita bisa, dengan meramu seluruh bidang agar bisa memenuhi target dari seluruh indeks indikator keberhasilan dinas sesuai RPJMD dan ketentuan kementerian/lembaga, Diskominfotik NTB mampu meraih penghargaan Top Digital Implementation 2023,” ungkap Doktor Najam.

Dinas Kominfotik NTB secara kelembagaan dinilai sangat konsisten dalam implementasi transformasi digital. Sejak dinas ini berdiri awal 2018 silam, sudah memiliki roadmap pembangunan SPBE. Hasilnya, Menpan RB dan Menkominfo memberikan apresiasi atas prestasi penyelenggaran SPBE Nasional.

Kominfotik NTB menghantarkan NTB meraih indeks SPBE 8 besar nasional, PSE terbaik 2 Nasional dan menjadi Provinsi Terinovatif dalam layanan publik digital. “Terbaru, berhasil membangun hubungan aplikasi layanan publik Command Center dan Pembangunan Satu Data Provinsi NTB. Ikhtiar panjang ini yang juga menghantarkan dinas ini dinyatakan layak meraih Top Digital Award 2023,” pungkas Doktor Najam. (rl)

Komentar Anda