Menko Airlangga: Pengangguran Menurun Lebih Rendah Dibandingkan Negara Lain

Airlangga Hartarto

JAKARTA–Di tengah berbagai gejolak tantangan global, perekonomian Indonesia mampu untuk tetap kokoh dan dapat tumbuh impresif dibandingkan sejumlah negara lain.

Angka pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,44% pada Q2 tahun 2022 menambah catatan positif pertumbuhan ekonomi Indonesia yang telah tumbuh di atas 5% selama tiga triwulan berturut-turut.

“Kualitas ekonomi juga membaik karena angka kemiskinan yang menurun,demikian juga tingkat pengangguran juga menurun,” kata Menko Airlangga.

Baca Juga :  Airlangga: Gugus Tugas Reforma Agraria Tangani Ketimpangan Kepemilikan dan Penguasaan Lahan

Ia menegaskan pencapaian ini perlu dicatat, mengingat masih banyak negara yang hingga tahun ini perekonomiannya belum mampu kembali ke level sebelum pandemi, misalnya China, Jerman, Kanada, Rusia, yang angka penganggurannya masih tinggi.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengatakan pertumbuhan ekonomi yang impresif tersebut didukung oleh sektor industri, pengolahan, perdagangan, pertambangan, dan pertanian yang tumbuh positif.

Baca Juga :  Airlangga: Kaum Muda Berperan dalam Pemulihan Ekonomi Global

Ia juga mengatakan bahwa kebijakan di sektor otomotif juga turut menjadi pendorong sektor manufaktur.

Pada Juli 2022, Indeks Kepercayaan Konsumen berada di level yang baik, yakni 123,2. Penjualan ritel juga memperlihatkan perkembangan yang positif karena mencapai 8,7%.

Di sisi lain, Purchasing Manager Index (PMI) yang terus berada di level ekspansi yakni 51,3 mencerminkan prospek permintaaan yang meningkat. (*/gt)

Komentar Anda