Mengenal Iptu Riski Meirika, Satu-satunya Kapolsek Wanita di NTB

IPTU Riski Meirika (IST FOR RADAR LOMBOK)

Masih muda, cantik, pintar dan berprestasi. Itulah IPTU Riski Meirika. Meski usianya baru 27 tahun, namun dia telah memiliki tanggung jawab besar sebagai Kapolsek Lingsar. Apalagi ia adalah Kapolsek wanita termuda di NTB. Bagaimana cerita IPTU Riski Mereka hingga ia menjabat sebagai Kapolsek? Berikut ulasannya.


DERY HARJAN – MATARAM


BANYAK orang mengira bahwa jabatan Kapolsek hanya bisa dimiliki oleh polisi senior yang sudah banyak pengalaman. Ternyata tidak juga. Sebab, jabatan tersebut bisa juga diraih oleh polisi muda. Iptu Riski Meirika sendiri buktinya.

Dengan menjabat Kapolsek di usia 27 tahun, IPTU Riski Meirika otomatis adalah Kapolsek Wanita termuda di NTB. Bahkan bukan hanya sebagai Kapolsek Wanita termuda di NTB saja, namun ia juga tercatat sebagai satu-satunya Polisi Wanita (Polwan) yang menjabat Kapolsek di NTB.

BACA JUGA :  Mengulas Sejarah Berdirinya Bale Beleq di Desa Wakan

Iptu Riski Meirika lahir pada 3 Mei 1995. Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara. Iptu Riski Meirika masuk Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2013, dan lulus tahun 2017. Begitu lulus, ia mendapat penempatan pertama di Baintelkam Mabes Polri.

Disana ia bertugas selama 1 tahun. Setelah itu IPTU Riski Meirika pindah tugas ke Polda Sulawesi Tenggara. Disana ia menjabat sebagai Kaur Bin Opsnal Sat Intelkam Polres Kendari.

Berikutnya pada tahun 2019, IPTU Riski Meirika pindah tugas ke Polda NTB, mengikuti suaminya yang juga Anggota Polri pindah tugas ke Polda NTB. Suaminya adalah IPTU Irvan Surrahman, yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek KP3 Lembar, Lombok Barat.

Begitu pindah ke NTB, IPTU Riski Meirika saat itu menjabat sebagai Pama Polres Lombok Barat, dan tidak lama kemudian ia menjabat Kasi Humas Polsek Senggigi.

BACA JUGA :  ‘Kopi Berkah’ Masuk Toko Modern, Topang Ekonomi Ponpes

Setelah itu pada tahun 2020, IPTU Riski Meirika menjabat sebagai Kanit Intelkam Polsek KWS Pel Laut. Selesai disana, ia pindah lagi menjadi Kaur Binopsnal Sat Intelkam Polres Lombok Barat. Dan terkahir posisinya sebelum menjadi Kapolsek Lingsar, yaitu sebagai Kaur Bin Opsnal Sat Lantas Polres Lombok Barat.

Baru kemudian pada 4 Januari 2021 lalu, IPTU Riski Meirika dilantik oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi, menjadi Kapolsek Lingsar, menggantikan Iptu Ketut  Artana yang memangku jabatan baru sebagai Kasat Resnarkoba Polres Lombok Utara.

“Tentu saya senang mendapat kepercayaan ini. Mohon doa dan dukungannya ya,” ujar IPTU Riski Meirika secara singkat, Jumat (7/1). (*)