Ingatkan Murid Tentang Perjuangan Ki Hajar Dewantara

MATARAM-Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Kota Mataram berlangsung semarak. Sejumlah sekolah menagadakan peringatan upacara di masing-masing sekolah.

Peringatan sederhana untuk mengenang para jasa pahlawan pendidikan ki Hajar Dewantara. Sesuai “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

Pahlawan  nasional dibidang Pendidian yakni, Ki Hajar Dewantara. Dari namanya, dapat dipahami bahwa beliau menempatkan dirinya sebagai guru sejati. Nampak kalangan murid SDN 45 Mataram merayakan hardiknas dengan sederhana, untuk mengenang para jasa Ki Hajar Dewantara. Kalangan guru menggunakan pakaian adat, para murid nampak semangat saat melaksanakan upacara. Kepala SDN 45 Mataram Hj Siti Purnamaraya mengatakan, acara peringatan Hardiknas, salah satu wadah untuk menambah wawasan dan mengingatkan kalangan murid betapa kerasnya perjuangan para pahlawan terdahulu, salah satunya bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara, katanya, Senin kemarin.

Begitu mulianya sang guru sejati yang telah memberi keteladanan dan bimbingan agar manusia mengenal Tuhannya. Itulah yang menjadi cita-cita pahlawan nasional kita di bidang pendidikan ini.  Sesuai dengan tema dalam perayaan hardiknas, ‘’ Nyalakan pelita, terangkan cita-cita,’’ ucapnya.

Ia berharap, kalangan murid untuk tidak melupakan sejarah dan para jasa pahlawanya. Berkat jasa para pahlawan saat ini, bisa mengenyam pendidikan. Ia juga meminta kalangan murid meneladani para pahlawanya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid