Dukungan TGB dan NWDI Bisa Dongkrak Elektoral Ganjar di NTB

Dr Agus (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Dr. Agus menilai dukungan TGB dan ormas NWDI kepada Ganjar Pranowo bisa mendongkrak elektoral Gubernur Jawa Tengah itu di NTB pada Pilpres 2024. “Dukungan ini (TGB dan NWDI) bisa berdampak terhadap elektoral Ganjar di NTB,” katanya kepada Radar Lombok, Minggu (11/6).

Menurutnya, sekecil apapun dukungan kepada kandidat capres baik dari tokoh maupun ormas akan bisa berdampak terhadap elektabilitas dari kandidat tersebut. Terlebih, dukungan kepada Ganjar diberikan oleh NWDI yang notabenenya memiliki jemaah loyal.

TGB sebagai Ketua Umum NWDI dan selaku Ketua Harian Nasional DPP Perindo dinilai bisa berkontribusi dan berperan penting bagi peningkatan elektabilitas Ganjar Pranowo di mata masyarakat pemilih di NTB. “TGB dan NWDI relatif punya jemaah loyal sehingga apapun keputusan TGB akan diikuti,” ulasnya.

Baca Juga :  Elektabilitas TGB Melejit Jadi Cawapres Ganjar

Ia berpandangan, dukungan Perindo kepada Ganjar di Pilpres, bisa jadi hubungan simbiosis mutualiasme, saling menguntungkan. Partai Perindo terbuka kemungkinan bisa memperoleh efek ekor jas dari elektabilitas Ganjar Pranowo pada Pileg 2024. Dan sebaliknya.

Menurutnya, dengan lebih cepat parpol menentukan arah dukungan kepada capres. Maka lebih cepat pula parpol itu bisa mengapitalisasi elektoral capres itu untuk mendongrak elektabilitas pada Pileg 2024. Dengan begitu, parpol bisa lebih cepat memperoleh efek ekor jas dari dukungan kepada kandidat capres. “Saya kira langkah tepat Perindo dengan lebih cepat menentukan arah dukungan di Pilpres,” terangnya.

Baca Juga :  Kampanye di Lombok, Anies Janji Fokus Bangun SDM

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Mataram Dr Saipul Hamdi berpandangan, dukungan TGB dan NWDI itu berpotensi membuat Ganjar bisa memenangkan kontestasi pilpres di NTB. Ia menilai, dengan dukungan NWDI kepada Ganjar membuat konstelasi politik pilpres di NTB makin kompetitif.

Pasalnya, sebaran dukungan ormas maupun kelompok masyarakat kepada kandidat capres merata. Yatofa Bodak dukung Anies Baswedan, NW dukung Prabowo Subianto dan NWDI dukung Ganjar Pranowo.

TGB dan ormas NWDI menjadi kekuatan penting bagi Ganjar Pranowo untuk bisa mengoptimalkan raihan dukungan di NTB pada Pilpres 2024. “Ini tambahan amunisi bagi Ganjar untuk bisa menang di NTB,” pungkasnya. (yan)

Komentar Anda